Anggrek di Jalan-jalan Yogyakarta Mendadak Hilang

TrubusNews
Astri Sofyanti
06 Feb 2019   21:30 WIB

Komentar
Anggrek di Jalan-jalan Yogyakarta Mendadak Hilang

Berbagai tanaman yang menghiasi jalanan di Kotabaru, Yogyakarta (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Tanaman anggrek yang ditanam untuk memperindah suasana jalan di Boulevard Kotabaru, Yogyakarta mendadak hilang. Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta menyayangkan ulah usil oknum tidak bertanggung jawab yang diduga sengaja mengambil anggrek yang bertujuan untuk memperindah taman di sekitar Kotabaru, Yogyakarta.

“Beberapa anggrek hilang, tapi kami langsung menggantinya dengan yang baru. Tujuan penambahan anggrek adalah untuk memperindah taman,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta Suyana kepada wartawan di Yogyakarta, Rabu (6/2).

Tanaman hias tersebut bertujuan mempercantik suasana pedestrian Kotabaru yang baru saja selesai direvitalisasi. Selain anggrek, juga terdapat tanaman jenis lain yaitu tanduk rusa dan kadaka.

Baca Lainnya : Pecinta Bunga Anggrek, Yuk Ikuti Workshop Bungakan Anggrek

Tanaman-tanaman hias itu ditambahkan di seluruh pohon berdiameter besar yang tumbuh di boulevard Kotabaru dengan cara diikat ke pohon.

“Memang membutuhkan perawatan ekstra dengan melakukan pemupukan rutin agar tanaman-tanaman tersebut tumbuh dengan baik dan bisa berbunga. Oleh karena itu, kami berharap agar masyarakat ikut menjaga dan tidak merusaknya,” ujar Suyana.

Untuk itu, pihaknya mengimbau masyarakat cukup melihat dan menikmati keindahan suasana serta tanaman hias di kawasan tersebut tanpa ada niat untuk memilikinya karena tanaman tersebut milik warga Kota Yogyakarta.

Baca Lainnya : Waduh, Anggrek Phalaenopsis di Indonesia Terancam Punah

Anggrek yang ditanam untuk mempercantik kawasan boulevard Kotabaru, diakui Suyana berasal dari kelompok-kelompok pembudidaya anggrek binaan Pemerintah Kota Yogyakarta.

Akibat aksi tersebut, Pemerintah Kota Yogyakarta kemudian menempatkan kamera pemantau di setidaknya dua titik untuk membantu pengawasan keamaan di kawasan pedestrian tersebut. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Tiga Desa di Kota Batu Terdampak Angin Kencang

Peristiwa   17 Nov 2019 - 17:06 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: