RK Segera Konversi Perkebunan Tidak Produktif Menjadi Hutan

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
06 Feb 2019   13:30

Komentar
RK Segera Konversi Perkebunan Tidak Produktif Menjadi Hutan

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan akan mencoba mengkonversi lahan perkebunan yang tidak produktif menjadi lahan hutan. Luas lahan perkebunan yang akan dikonversi tersebut diperkirakan mencapai 12 ribu hektare. 

“Luasnya sangat besar, sekitar 12 ribu hektar, berada di 5-6 kabupaten,” jelas Gubernur Ridwan Kamil. 

Ridwan Kamil mengatakan, konversi tersebut merupakan realisasi rencana lahan pengganti kawasan hutan menjadi perkebunan tebu yang dikelola PT Rajawani Nusantara Indonesia. Semenjak tahun 1976 perusahaan tersebut mengambil kelola hutan menjadi kebun tebu. Sesuai tata kelola dan perundangannya maka harus dikembalikan lagi menjadi hutan sesuai komitmen perizinan. 

Baca Lainnya : Selama 2018, Panen Tebu Turun 30 Persen Akibat Kemarau

Ridwan Kamil mengatakan, lahan pengganti hutan tersebut diputuskan pemerintah harus berada di Jawa Barat, di provinsi yang sama dengan lokasi perkebunan tebu tersebut. “Konversi hutan itu tidak harus di lokasi yang sama, yang penting, mengkompensasi seluas yang dulu dipinjam,” kata dia.

PT RNI mewarisi HGU (Hak Guna Usaha) pengeloaan kawasan hutan seluas 12.022,5 hektare untuk ditanami tebu yang diserahkan pemerintah lewat Menteri Pertanian pada PT Perkebunan XIV pada tahun 1976.

PT RNI yang kemudian mengelola perkebunan tebu tersebut mengajukan perpanjangan izin HGU perkebunan tebu tersebut yang berakhir tahun 2008. Pemerintah selanjutnya menyetujui perpanjangan izin penggunaan kawasan hutan tersebut pada tahun 2014 dengan syarat PT RNI menyanggupi menyediakan lahan pengganti seluas 12.022,5 hektare di Jawa Barat. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: