Kurangi Sampah, Yuk Jadikan Kantong Plastik Lebih Bermanfaat

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
06 Feb 2019   11:00

Komentar
Kurangi Sampah, Yuk Jadikan Kantong Plastik Lebih Bermanfaat

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kerusakan lingkungan yang diakibatkan karena tumpukan sampah menjadi momok menakutkan. Terlebih sampah plastik, kita pasti dengan mudah menemukan sampah plastik di sekitar lingkungan rumah bahkan di jalan-jalan. Hal ini terjadi karena volume sampah plastik makin hari semakin banyak. Selain itu, budaya membuang sampah sembarangan juga masih dilakukan oleh sebagian masyarakat.

Sebagaimana diketahui, Indonesia menjadi salah satu negara yang menyumbang sampah plastik ke laut.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan, jika kapasitas tidak dikurangi, maka sampah plastik di tahun 2030 akan lebih banyak daripada ikan di laut kita.

Hingga saat ini, pemerintah terus berupaya mengurangi sampah plastik dengan berbagai cara seperti mengeluarkan kebijakan kantong plastik berbayar hingga kenaikan cukai barang-barang plastik. Tapi nyatanya cara ini belum efektif untuk mengurangi kapasitas sampah plastik.

Terlebih, pemakaian plastik di kalangan masyarakat masih sangat tinggi. Untuk itu, saat ini pemerintah mengajak masyarakat untuk lebih dalam menggunakan plastik. Jika hal ini bisa berjalan dengan baik, jumlah sampah pun bisa ikut berkurang.

Berikut ini Trubus.id telah merangkum dari berbagai sumber, sejumlah cara efektif dan sederhana menjadikan plastik lebih bermanfaat di rumah:

Simpan Kembali Kantong Plastik

Banyak orang pasti akan menyimpan kantong plastik setelah berbelanja untuk digunakan kembali. Ternyata cara ini dinilai cukup efektif dalam menjaga lingkungan.

Gunakan untuk Membungkus Barang Pecah Belah

Kantong plastik bekas juga bisa dimanfaatkan untuk membungkus barang pecah belah. Jika kamu ingin mengirim barang pecah belah, sebaiknya gunakan kantong plastik bekas di rumah untuk membungkusnya.

Semakin besar dan tebal bungkus plastik kreseknya, maka semakin kecil juga risiko pecahnya. Akan lebih baik juga kalau kamu membungkusnya satu per satu untuk mengurangi risiko gesekan.

Membungkus buah-buahan

Seringkali, buah-buahan yang sudah mulai matang kerap dimakan binatang seperti kelelawar dan jatuh sia-sia sebelum masa panen. Kamu bisa mengatasinya dengan membungkus buah-buahan ini dengan plastik kresek.

Selain mencegah buah-buahan ini dimakan oleh binatang, pembungkusan juga bertujuan agar proses pematangan bisa matang dengan sempurna karena gas etilen dari buah tidak memuai ke luar. Begitu sudah matang, kamu akan mendapatkan buah yang mulus dan ranum.

Dijual ke warung atau perusahaan plastik

Kamu bisa menjual kantong plastik bekas yang masih layak pakai ke warung klontong hingga ke perusahaan plastik. Banyak perusahaan plastik yang menggunakan limbah plastik untuk diolah kembali menjadi biji plastik.

Jadi, kamu juga bisa memanfaatkan hal ini untuk menjual kresek bekas yang udah dikumpulkan untuk dijual ke perusahaan plastik yang membutuhkan.

Bagaimana Trubus Mania cukup mudah dan sederhana kan. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Mentan Amran: Mau Kaya, Jadi Petani!

Astri Sofyanti   Peristiwa
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: