Kabupaten Biak Tertinggi Kasus DBD di Provinsi Papua, 2 Meninggal Dunia

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
02 Feb 2019   11:00

Komentar
Kabupaten Biak Tertinggi Kasus DBD di Provinsi Papua, 2 Meninggal Dunia

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) di Biak, tercatat tertinggi di Provinsi Papua, yakni sebanyak 25 penderita. Dari catatan tersebut dua orang di antaranya meninggal dunia.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Papua, dr Aaron Rumainum mengatakan, selain Biak, kabupaten lain yang jumlah penderita DBD-nya meningkat, yakni Kabupaten Merauke 4 orang dan Kabupaten Asmat 10 orang.

Baca Lainnya : Pemerintah Kabupaten Cianjur Tetapkan Status Siaga DBD

Kabupaten Boven Digul sebanyak 16 kasus dan Kabupaten Nabire tiga kasus serta Kota Jayapura masih tercatat dua orang dan ini patut dicurigakan.

"Kami berharap Dinas Kesehatan kabupaten dan kota segera tanggap dan melakukan pencegahan sesuai prosedur yakni 3 M yaitu menguras, mengubur barang bekas yang bisa menjadi tempat bersarangnya nyamuk, dan menutup rapat tempat penampungan air," kata Rumainum di Jayapura seperti dilansir Antara.

Ia mengatakan, selain melakukan 3 M, warga juga diminta senantiasa membersihkan bak mandi, gunakan kasa nyamuk, tidak menumpuk atau menggantung pakaian (baju) terlalu lama.

Baca Lainnya : Dua Orang Meninggal di Papua Akibat DBD

Selain itu, ujarnya harus dilakukan pengasapan atau fogging di kawasan yang dianggap rawan dan menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk aedes aegypti penyebaran nyamuk yang beroperasi sepanjang siang.

Jumlah penderita DBD dikhawatirkan bisa terus bertambah bila tidak segera diatasi mengingat saat ini musim hujan, demikian Aaron Rumainum. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Baru Dibuka, Bukit Gunung Rinjani Terbakar

Thomas Aquinus   Peristiwa
Bagikan:          
Bagikan: