Alih Fungsi Hutan Menjadi Lahan Pertanian Penyebab Banjir Sulsel

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
02 Feb 2019   09:00

Komentar
Alih Fungsi Hutan Menjadi Lahan Pertanian Penyebab Banjir Sulsel

Pertambangan dan alih fungsi hutan disebut sebagai penyebab banjir di Sulsel. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Doni Manardo menyebut, kegiatan pertambangan dan alih fungsi hutan menjadi lahan pertanian sebagai faktor yang memperbesar dampak banjir di wilayah Sulawesi Selatan. 

"Jadi (besarnya dampak banjir) yang pertama karena alih fungsi lahan dan yang kedua adalah tambang dan galian," katanya dalam rapat koordinasi penanganan dampak banjir bandang dan tanah longsor di Makasar.

Baca Lainnya : BNPB: Bencana Hidrometeorologi di Sulsel Renggut 79 Nyawa

Ia juga menekankan pentingnya penerapan pendekatan berbasis kearifan lokal dalam upaya mitigasi dan antisipasi bencana.

"Pendekatan kearifan lokal penting, pada teori tentang sosiologi dan morfologi, sehingga tidak ada resistensi pada masyarakat, karena kita hadapi masyarakat kita yang harus kita bimbing. Agar mereka tidak kehilangan mata pencarian dan ekosistem," kata Doni, yang tinggal di Makassar dan Kabupaten Maros tahun 2006-2008.

Guna mencegah dan menekan dampak banjir di Sulawesi Selatan pada masa mendatang, pemerintah antara lain menjalankan program revitalisasi Daerah Aliran Sungai (DAS).

Baca Lainnya : Kembalikan Fungsi Hutan di Sulsel, BNPB Gunakan Konsep Citarum

Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah dipercaya untuk memimpin Satuan Tugas Revitalisasi DAS Jeneberang di Kabupaten Gowa setelah bencana banjir besar melanda wilayah tersebut pada 22 Januari 2019.

Dia akan menjalankan tugas didampingi Pangdam XIV Hasanuddin dan Polda Sulawesi Selaatan serta instansi terkait seperti Dinas Kehutan, Dinas Sumber Daya Alam dan Balai Besar Pengendali dan DAS-HL.

"Bagaimana tim ini bekerja, ada survei selama sebulan untuk mencari data dan melihat, kemudian akan disupervisi oleh pusat," kata Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman dalam rapat tersebut. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: