Pemerintah Kabupaten Cianjur Tetapkan Status Siaga DBD

TrubusNews
Astri Sofyanti
01 Feb 2019   22:00 WIB

Komentar
Pemerintah Kabupaten Cianjur Tetapkan Status Siaga DBD

ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur, Jawa Barat, menetapkan status siaga Demam Berdarah Dengue (DBD) per hari ini Jumat 1 Februari 2019. Penetapan status siaga karena meningkatnya jumlah korban yang harus mendapat penanganan medis di sejumlah rumah sakit.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Cianjur mencatat sepanjang Januari 2019, sebanyak 90 orang warga dinyatakan terjangkit DBD. Dinkes melaporkan dua orang di antaranya meninggal dunia.

Untuk menekan jumlah kasus DBD, Plt Bupati Cianjur Herman Suherman telah menginstruksikan dinas kesehatan hingga puskesmas untuk gencar melakukan sosialisasi ke masyarakat terkait bahaya DBD. Selain itu juga dilakukan sosialisasi cara pencegahannya dengan menjaga lingkungan untuk tetap bersih dan terhindar dari nyamuk Aedes Aegypti.

Baca Lainnya : Dua Orang Meninggal di Papua Akibat DBD

"Kami sudah meminta dinas kesehatan untuk lebih gencar melakukan sosialisasi ke berbagai pelosok khususnya daerah endemis DBD, agar angka korban menurun dengan tetap menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal," terang Herman kepada wartawan di Cianjur, Jawa Barat, Jumat (1/2).

Selama ini masih banyak warga yang belum sadar akan pentingnya menjaga kebersihan dan perilaku hidup sehat dengan secara rutin membersihkan lingkungan rumah.

Diakui Herman, pada tahun 2017 lalu, kasus DBD di Cianjur sudah menurun, tapi memasuki 2019 kasus DBD justru meningkat signifikan. [NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Paparan Radiasi Nuklir di Laut Cina Selatan Tidak Terbukti

Peristiwa   22 Nov 2019 - 23:11 WIB
Bagikan: