BMKG Akan Uji Coba Radar Tsunami Hasil Kerja Sama Jepang

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
01 Feb 2019   21:00

Komentar
BMKG Akan Uji Coba Radar Tsunami Hasil Kerja Sama Jepang

Kepala BMKG Dwikorita (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kepala Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati menyatakan bahwa BMKG akan mulai melakukan uji coba radar tsunami. Radar yang menggunakan teknologi terbaru ini dihasilkan oleh kerjasama dengan Jepang.

Dwikorita mengatakan, bahwa sejak pertengahan tahun 2018 lalu, BMKG bersama Jepang mengembangkan suatu sistem untuk mendeteksi dini tsunami.

“Radar ini tidak hanya akan mendeteksi tsunami yang disebabkan oleh gempa tektonik,” ujar Dwikorita di Jakarta, Jumat (1/2).

Baca Lainnya : Gempa Tektonik Berkekuatan 5,3 Magnitudo Goyang Simelue, Aceh, Tak Berpotensi Tsunami

Lebih lanjut pihaknya menjelaskan, radar ini berfungsi untuk merekonfirmasi dini munculnya gelombang tsunami. Radar ini juga bisa dideteksi kecepatan gerak tsunami.

"Poinnya adalah untuk mendeteksi kecepatan tsunami tadi seberapa cepat dan diharapkan akan dapat peringatan dini dengan sirine atau dengan mekanisme informasi digital dan masyarakat di pantai agar dapat segera mengevakuasi diri," tambahnya.

Dwikorita menambahkan, uji coba ini akan dilakuan selama satu tahun di Purworejo dan Bantul. Radar tsunami ini dipasang di puluhan lokasi rawan tsunami di Indonesia.

Baca Lainnya : Elevansi Ketinggian Tsunami Air Bendungan Bili-Bili Terus Dipantau Antisipasi Banjir

Seperti diketahui, saat ini Indonesia memerlukan mitigasi bencana secara berlapis. Hal itu, berfungsi jika ada alat yang tiba-tiba rusak deteksi bencana bisa dilanjutkan dengan alat deteksi lainnya.

"Jadi kalau gagal satu masih ada yang satunya kan biasanya dalam kondisi gempa itu lampu mati komunikasi terputus sehingga sistem harus kita bangun berlapis-lapis," pungkas Dwikorita. [NN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: