Dua Orang Meninggal di Papua Akibat DBD

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
01 Feb 2019   16:00

Komentar
Dua Orang Meninggal di Papua Akibat DBD

Nyamuk Aedes Aegypti (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Demam Berdarah Dengue (DBD) kembali merenggut korban jiwa. Di laporkan dua orang warga Kabupaten Biak, Provinsi Papua meninggal dunia akibat DBD. Intensitas hujan tinggi mengakibatkan jumlah penderita kian merebak di Papua.

Sampai, Jumat 1 Februari 2019, tercatat 25 penderita di Biak positif terserang DBD. Sementara dua orang diantaranya dinyatakan meninggal dunia.

Selain Kabupaten Biak, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Papua Aaron Rumainum mengungkapkan, kabupaten lain dengan jumlah penderita DBD meningkat yakni Kabupaten Merauke dengan jumlah penderita 14 orang dan Kabupaten Asmat sebanyak 10 orang.

Baca Lainnya : Perilaku Kita Ini Jadi Penyebab Populasi Nyamuk DBD Meningkat

Selain itu, Kabupaten Boven Digul punya 16 kasus DBD dan Kabupaten Nabire tiga kasus, serta Kota Jayapura dua orang diduga DBD.

"Kami berharap dinas kesehatan kabupaten dan kota segera tanggap dan melakukan pencegahan sesuai prosedur yakni 3 M yaitu menguras, mengubur barang bekas yang bisa menjadi tempat bersarangnya nyamuk, dan menutup rapat tempat penampungan air," kata Aaron kepada wartawan di Papua, Jumat (1/2).

Untuk mencegah dan menekan penularan DBD, pihaknya mengatakan, selain melakukan 3M Plus, warga juga diminta senantiasa membersihkan bak mandi, gunakan kasa nyamuk, tidak menumpuk atau menggantung pakaian di belakang pintu.

Baca Lainnya : DBD Merebak, 15.132 Kasus Tewaskan 145 Orang Selama Januari 2019

Pihaknya mengkhawatirkan jumlah penderita di Papua terus bertambah seiring bertambahnya intensitas hujan.

Pihaknya melalui pemerintah desa/kelurahan, mengeluarkan imbauan kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan, agar tidak memberikan ruang bagi nyamuk untuk berkembang. [NN]


 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Rumah Warga Aceh di Rusak Kawanan Gajah Liar

Astri Sofyanti   Peristiwa
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: