Konsumsi Air Putih Jadi Cara Ampuh Atasi Gejala Demam Berdarah

TrubusNews
Thomas Aquinus
01 Feb 2019   13:30 WIB

Komentar
Konsumsi Air Putih Jadi Cara Ampuh Atasi Gejala Demam Berdarah

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Penyakit demam berdarah dengue (DBD) kembali meningkat saat memasuki peralihan musim. Namun jangan khawatir, ada satu jurus ampuh untuk menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti itu, yakni dengan perbanyak minum.

Ketua Divisi Infeksi dan Pediatri Tropik Departemen Ilmu Kesehatan Anak RSCM-FKUI, dr Mulya Rahma Karyanti mengungkapkan jurus ampuh tersebut juga berlaku saat demam biasa.

“Obatnya prinsipnya cairan. Demam apapun bujuk anak untuk minum, gak mau makan bujuk anak atau orang dewasa untuk minum,” papar dr. Karyanti di Kementerian Kesehatan.

Baca Lainnya : Jus Jambu Biji Ternyata Tidak Menaikkan Trombosit Penderita DBD

Dikatakannya, agar si penderita demam berdarah mau untuk minum bisa dipancing dengan memberikan minuman selain air putih yang mengandung nutrisi.

Beberapa minuman yang cocok untuk penderita DBD adalah susu karena mengandung karbohidrat, minuman elektrolit ataupun jus buah yang mengandung vitamin dan juga kalori.

“Minum yang ada nutrisinya susu kan ada karbohirdat misalnya cairan elektrolit, atau jus buah ada kandungan vitamin sama kalorinya. Prinispnya bujuk penderita minum,” ujarnya.

Baca Lainnya : Cegah DBD, 4 Tips Berikut Bisa Usir Nyamuk Berbahaya dari Rumah Anda

Pada saat terkena demam berdarah suhu tubuh pun akan sangat tinggi berkisar di 38 derajat celcius, yang bisa dibantu meredakan dengan mengompres dengan air hangat di bagian lipat ketiak dan pangkal paha.

“Penolongan pertama tadi minum, panas boleh kasih obat panas lalu kompres dengan air hangat, yang dikompres adalah lipat ketiak dan pangkal paha,” jelas dr. Karyanti.

Adapun beberapa gejala yang menandakan tubuh terkena demam berdarah selain demam adalah sakit perut yang sangat berat, muntah berkepanjangan, mimisan maupun gusi berdarah. [NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

7 Pesan Jokowi kepada Kabinet Indonesia Maju

Peristiwa   23 Okt 2019 - 17:58 WIB
Bagikan: