BMKG Perkirakan Awal Februari Puncak Musim Hujan di DKI Jakarta

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
01 Feb 2019   11:00

Komentar
BMKG Perkirakan Awal Februari Puncak Musim Hujan di DKI Jakarta

Ilustrasi musim hujan (Foto : Trubus.id)

Trubus.id -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan 10 hari pertama pada bulan Februari akan menjadi puncak musim hujan di wilayah ibukota. BMKG mencatat mulai hari ini, Jumat 1 Februari hingga 10 hari ke depan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat akan melanda DKI Jakarta.

"Jadi kita akan was-was nanti sekitar bulan Februari pada tanggal 1 sampai 10. Kapannya, jam berapanya, tinggal tunggu informasi BMKG. Karena ada jangka panjang, jangka menengah, dan jam-jam an dari BMKG," terang Pakar Hidrometeorologi, Institut Teknologi Bandung (ITB) Armi Susandi saat ditemui di Graha BNPB, Pramuka, Jakarta Timur, Kamis (31/1).

Baca Lainnya : Puncak Musim Penghujan Mundur, Waspada Bencana Harus Diulur

Lebih lanjut dikatakan Armi, masyarakat harus bersiap kemungkinan terjadinya banjir di Jakarta, dari wilayah selatan hingga utara.

Selain itu, dirinya memperkirakan kemungkinan akan ada banjir kiriman yang kemudian ditunggu oleh bulan purnama terjadi di wilayah utara.

"Kita harapkan kombinasi ini tidak terjadi. Kalau kombinasi ini terjadi, bulan purnama air pasang naik, lalu ada kiriman dari Bogor dan hujan Jakarta, dalam waktu kurang dari enam jam ketiga-tiganya maka Jakarta akan terendam," ungkap Armi.

"Tapi kalau salah satunya saja terjadi, tidak sekaligus, maka dia akan menjadi banjir sesaat. Itu kesepakatan kita untuk persiapan BPBD di Jakarta," pungkasnya. [NN]
 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: