Tanggap Darurat Bencana Berakhir, TN Ujung Kulon Kembali Dibuka untuk Pariwisata

TrubusNews
Binsar Marulitua
01 Feb 2019   06:30 WIB

Komentar
Tanggap Darurat Bencana Berakhir, TN Ujung Kulon Kembali Dibuka untuk Pariwisata

Pengunjung Melintasi Pantai Karang Ranjang di TN Ujung Kulon, Banten, Jawa Barat. Destinasi yang termasuk 'Bali Baru' tersebut kembali dibuka untuk Pariwisata Terhitung, Jumat (1/2/2019) (Foto : Binsar Marulitua)

Trubus.id -- Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) di Provinsi Banten kembali dibuka untuk pariwisata  terhitung Jumat, 1 Februari 2019. Pengumuman tersebut tertuang dalam surat edaran resmi Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, Balai Taman Nasional Ujung Kulon dengan nomor PG.01/T.12/TU/P3/01/2019  tertanggal 31 Januari 2019.

"Sehubungan dengan telah berakhirnya masa tanggap darurat bencana alam Selat Sunda maka Seluruh Objek dan Kegiatan Wisata di Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon Dibuka Kembali," bunyi pengumuman dalam surat edaran tersebut. 

Baca Lainnya : Sempat Terisolir, Akses Warga Ujung Kulon Baru Terbuka Pagi Tadi 

Sebelumnya, TNUK yang terbentang di Kecamatan Sumur dan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten ini ditutup akibat terdampak tsunami pada tanggal 22 Desember 2018  lalu. Tsunami dan gempa yang menerjang salah satu destinasi prioritas 'Bali Baru' tersebut, menghancurkan sejumlah fasilitas pariwisata seperti penginapan dan dermaga dan melumpuhkan akses utama ke lokasi tersebut.

Baca Lainnya : Pengakuan Warga Ujung Kulon Saat Terjadi Tsunami, Terdengar Suara Aneh

Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) memiliki eksotisme alam yang indah dan kaya. Tempat ini juga merupakan habitat alami badak bercula satu. Pada 1 Februari 1992 silam, Komisi Warisan Dunia UNESCO menetapkan taman nasional dengan luas area mencapai 122.956 Hektare ini sebagai Situs Warisan Dunia kategori Alam. 

Dengan luas area yang mencapai 122.956 Hektare, Taman Nasional Ujung Kulon menjadi tempat wisata alam yang sangat menarik untuk dijelajahi. Tak hanya itu, dekat dengan Taman Nasional Ujung Kulon, banyak destinasi wisata alam yang tak kalah indah. Diantaranya Pulau Handeulum, Pulau Panaitan, Pulau Peucang, Gunung Honje,  Sungai Cigenter, Pulau Oar-Umang, Padang Cidaon dan Cibunar serta masih banyak lagi destinasi lainnya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

7 Pesan Jokowi kepada Kabinet Indonesia Maju

Peristiwa   23 Okt 2019 - 17:58 WIB
Bagikan: