7.000 Ekor Belangkas Tujuan Thailand dan Malaysia Diamankan di Perairan Aceh

TrubusNews
Syahroni
31 Jan 2019   21:30 WIB

Komentar
7.000 Ekor Belangkas Tujuan Thailand dan Malaysia Diamankan di Perairan Aceh

Ribuan ekor belangkas diamankan dari KM Lumba-lumba di Perairan Aceh. (Foto : Trubus.id/ Reza Perdana)

Trubus.id -- Penyelundupan 7.000 ekor belangkas berhasil digagalkan pihak TNI Angkatan Laut (AL). Hewan laut itu diamankan dari Kapal Motor (KM) Lumba-lumba di perairan Aceh Tamiang.

Pengungkapan sendiri bermula saat petugas Koarmada 1 Angkatan Laut melakukan patroli. Petugas yang menggunakan KRI Patimura kemudian mencurigai keberadaan KM Lumba-lumba dengan nomor lambung GT 20 nomor 221/QQD.

Baca Lainnya : Polda Kepri Gagalkan Penyelundupan Kura-kura dan Burung Dilindungi

Pjs Kadispen Lantamal I, Letda Mega mengatakan, petugas kemudian memeriksa kapal tersebut dan menemukan di dalam palka kapal tumpukan belangkas dalam kondisi mati. Saat dihitung ternyata jumlahnya mencapai 7000 ekor.

"Kapal itu juga tidak dilengkapi dokumen. Dalam operasi ini, kita mengamankan tiga orang anak buah kapal atau ABK," kata Letda Mega, Kamis (31/1).

Dijelaskan Letda Mega, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan pihaknya, ribuan ekor belangkas tersebut akan dibawa ke Thailand dan Malaysia. Diduga, ketika kembali ke Indonesia kapal ini juga akan membawa hasil pertanian berupa bawang merah dengan cara ilegal.

Baca Lainnya : Polisi Amankan 128 Ekor Kura-kura Moncong Babi dari 9 Pedagang Satwa Dilindungi

Atas perbuatannya, para pelaku terancam hukuman lima tahun penjara. Para pelaku dijerat dengan Undang-Undang nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA).

"Seluruh barang bukti akan diserahkan kepada Balai Penegakkan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sumut," Letda Mega menandaskan. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

7 Pesan Jokowi kepada Kabinet Indonesia Maju

Peristiwa   23 Okt 2019 - 17:58 WIB
Bagikan: