Pelaku Perdagangan Kulit Harimau Sumatera Diringkus Jajaran Polda Sumut

TrubusNews
Reza Perdana | Followers 2
31 Jan 2019   16:30

Komentar
Pelaku Perdagangan Kulit Harimau Sumatera Diringkus Jajaran Polda Sumut

Barang bukti kulit harimau sumatera disita jajaran Polda Sumut dari tersangka IS. (Foto : Trubus.id/ Reza Perdana)

Trubus.id -- Seorang pelaku perdagangan kulit harimau diamankan pihak Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut). Pelaku diamankan di Dusun Pantai Gadung, Desa Bukit Mas, Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat. 

“Pelaku yang diamankan berinisial IS. Pelaku diamankan setelah menjual kulit harimau Sumatera dengan nama latin Phantera tigris sumatrae kepada petugas yang menyamar menjadi pembeli,” kata Direktur Reserse Kriminal Khusus (Reskrimsus) Polda Sumut, Kombes Pol Rony Samtana saat gelar perkara di Mapolda Sumut, Kamis (31/1).

Baca Lainnya : 3 Pemburu Harimau Sumatera Diringkus Saat Pasang Jerat di Hutan Seluma

Dijelaskan Rony, penangkapan IS berawal dari informasi yang diperoleh dari masyarakat pada Minggu (27/1) kemarin. Berawal dari informasi itu, kemudian dibentuk tim untuk melakukan penyelidikan. 

“Setelah informasi itu kita dapat, kemudian dilakukan penyamaran sebagai pembeli. Pelaku IS berhasil diamankan di rumahnya,” jelas Rony.

Tidak hanya pelaku, petugas turut mengamankan barang bukti berupa dua lembar kulit satwa dilindungi yang masih dalam keadaan utuh. Rencananya kulit tersebut akan dijual pelaku dengan pembeli yang hendak memesan. 

Dua lembar kulit satwa dilindungi tersebut yaitu, satu kulit harimau Sumatera dan 1 lembar kulit macan dahan dengan nama latin Neofelis nebulosa. Pelaku IS berencan menjual kulit harimau itu dengan harga Rp17 juta per lembar.

Baca Lainnya : 10 Anggota Sindikat Pemburu Beruang Madu di TNBBS Diringkus Tim Gabungan

Berdasarkan keterangan pelaku, kulit harimau itu didapatnya dari pelaku lain berinisial H dan R yang berdomisili di Kuala Simpang dan Langkat. Saat ini kedua pelaku tersebut sedang dalam pengejaran pihak kepolisian. 

“Pelaku IS ngaku ke kita hanya menjual kulit harimau. Dirinya juga belum lama menjalankan bisnis itu. Pelaku dan barang bukti masih dalam pemeriksaan. Selanjutnya barang bukti 1 lembar kulit harimau Sumatera dan 1 lembar kulit macan dahan itu disita dan diserahkan ke BBKSDA Sumut,” tandas Rony. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: