Telat Evakuasi, Lumba-lumba yang Tersesat di Sungai Akhirnya Mati

TrubusNews
Reza Perdana | Followers 2
31 Jan 2019   15:00

Komentar
Telat Evakuasi, Lumba-lumba yang Tersesat di Sungai Akhirnya Mati

Satu lumba-lumba yang tersesat di sungai Kualuh dievakuasi (Foto : Trubus.id)

Trubus.id -- Seekor lumba-lumba yang diduga tersesat di Sungai Kualuh ditemukan oleh warga sudah menjadi bangkai pada Rabu (30/1) sekitar pukul 18.00 WIB. Saat ditemukan, kondisi lumba-lumba sudah mengapung tak bernyawa.

Kepala Desa Kuala Beringin, Edi Mansur Pane mengatakan melihat hewan mamalia tersebut sudah mati dan mengapung di sungai, warga langsung mengevakuasinya, dan mendesak pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) untuk segera mengevakuasi seekor lumba-lumba yang masih berada di Sungai Kualuh.

“Kita harap sesegera mungkin dievakuasi seekor lagi, kita tidak menginginkan lumba-lumba itu juga ikut mati. BBKSDA harus gerak cepat,” kata Edi, Kamis (31/1). 

Baca Lainnya : Tim Ahli Diterjunkan untuk Evakuasi 2 Lumba-Lumba di Sungai Kualuh

Edi menyebut, selain warga, tim dari BBKSDA juga sudah turun untuk melakukan evakuasi seekor lumba-lumba yang mati tersebut. Namun hingga saat ini, pihak BBKSDA belum mengetahui penyebab kematian seekor lumba-lumba tersebut. 

“BBKSDA belum mengetahui penyebab kematiannya. Kami sudah rapat bagaimana cara melakukan evakuasi terhadap lumba-lumba yang masih hidup,” sebutnya. 

Untuk diketahui, penampakan dua ekor lumba-lumba putih di Sungai Kualuh, tepatnya di Dusun Ramean II, Desa Kuala Beringin, Kecamatan Kualuh Hulu, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) pertama kali terjadi pada Minggu (27/1). 

Warga yang melihat penemuan hewan cerdas tersebut mengabadikannya dengan menggunakan kamera video telepon genggam. Kemudian oleh warga disebar di media sosial hingga menjadi viral. (RP)

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: