Berpotensi Terbakar, 4 Titik Panas Terdeteksi di Aceh

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
31 Jan 2019   09:00

Komentar
Berpotensi Terbakar, 4 Titik Panas Terdeteksi di Aceh

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh mendeteksi, sebanyak empat titik panas terpantau oleh satelit yang berada di wilayah Aceh.

"Ya, Rabu sore ini ada total empat titik panas di Aceh," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Blangbintang, Aceh, Zakaria Ahmad, di Aceh Besar, Rabu (30/1).

Ia menerangkan, keempat titik panas tersebut terdeteksi oleh ketiga satelit, yakni Terra, Aqua, dan Suomi NPP menggunakan sensor modis di dua kabupaten di wilayah barat-selatan provinsi bagian paling barat Indonesia itu.

Sebanyak tiga titik panas di antaranya berada di Aceh Barat yang terkonsentrasi di satu kecamatan dengan posisi koordinat 96,10 bujur Timur dan 4,19 lintang Utara, yakni Kecamatan Johan Pahlawan.

Baca Lainnya : 9 Titik Panas Potensi Karhutla Terdeteksi di Wilayah NTT

Sedangkan satu titik panas sisanya berada di Aceh Selatan dengan posisi koordinat 97,63 bujur Timur dan 2,83 lintang Utara, yaitu di Kecamatan Trumon.

"Ketiga titik panas di Johan Pahlawan, kita pastikan titik api akibat kebakaran hutan dan lahan. Karena memiliki tingkat kepercayaan 81 persen. Sedang di Trumon patut diduga sebagai titik api memiliki tingkat kepercayaan 73 persen," ujar Zakaria.

Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) melaporkan, kobaran api yang membakar lahan gambut kering di Aceh Barat kini meluas menjadi tiga gampong (desa) dari sebelumnya cuma dua desa di Kecamatan Johan Pahlawan, Meulaboh.

Baca Lainnya : Realisasi Perhutanan Sosial di Riau hanya 6 Persen

"Menjadi tiga gampong, yakni Leuhan, Lapang, dan Suak Raya di Johan Pahlawan," kata Kepala Pelaksana BPBA Teuku Ahmad Dadek.

Ia mengatakan, operasi pemadaman yang dilakukan oleh berbagai unsur terkait melibatkan TNI/Polri terus dilakukan dengan mengerahkan sedikitnya dua unit armada mobil pemadam kebakaran setempat.

Hingga kini, seluas 6 hektare lahan gambut kering terbakar di Gampong Lapang, sedangkan di Gampong Leuhan, dan Gampong Suak Raya masih dalam pendataan. [NN]
 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: