Jakarta Selatan Paling Tinggi Kasus DBD se-DKI Jakarta

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
30 Jan 2019   20:00

Komentar
Jakarta Selatan Paling Tinggi Kasus DBD se-DKI Jakarta

Inda Mutiara Kepala Seksi Penyakit Menular Vektor dan Zonatik Dinkes Provinsi DKI Jakarta (Foto : Trubus.id / Astri Sofyanti)

Trubus.id -- Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan yang terjadi di Jakarta mengalami kejadian peningkatan yang cukup tinggi. Berdasarkan data Dinas Kesehatan DKI Jakarta sampai tanggal 29 Januari 2019 menunjukkan, Jakarta Selatan menjadi wilayah di DKI Jakarta dengan kasus DBD tertinggi.

Lebih lanjut pihaknya mengatakan, sebagaian besar kasus DBD di Jakarta mayoritas didominasi oleh anak usia sekolah. Berdasarkan data Dinkes DKI Jakarta tahun 2017 golongan usia paling banyak terjangkit DBD adalah 7-12 tahun. Sementara data tahun 2018 terjadi perubahan yakni anak 13-15 tahun yang paling banyak terjangkit DBD.

“Tren tertinggi kasus DBD di DKI Jakarta 2019 adalah Jakarta Selatan dengan presentase sebesar 4,9 persen," terang Inda saat ditemui di Kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (30/1).

Baca Lainnya : Kasus DBD Meningkat, Gubernur DKI Lantik Seluruh Masyarakat jadi Jumantik

Di posisi kedua adalah Jakarta Barat dengan presentase 4,1 persen, Jakarta Timur 2,5 persen, Jakarta Pusat 1, 5 persen, dan Jakarta Utara 1,4 persen. Lebih lanjut pihaknya mengungkapkan bahwa upaya yang dilakukan Dinas Kesehatan DKI Jakarta untuk menekan kasus DBD yakni dengan gencar melakukan berbagai penyuluhan DBD kepada masyarakat.

“Misalnya dalam arisan rumah tangga, perkumpulan karang taruna, untuk mempercepat sosialisasi pencegahan dan penanganan DBD. Dari rumah ke rumah juga kami sosialisasikan,” ujar Inda menambahkan. [NN]


 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: