Jokowi Berharap Udang Vaname dari Muara Gembong Bisa Diekspor

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
30 Jan 2019   18:30

Komentar
Jokowi Berharap Udang Vaname dari Muara Gembong Bisa Diekspor

Presiden Joko Widodo berharap udang hasil panen petambak Muara Gembong bisa diekspor. (Foto : Seskab RI)

Trubus.id -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa tak menutup kemungkinan hasil panen udang vaname dari tambak Muara Gembong, Bekasi  bisa diekspor. Hal tersebut diungkapkan setelah memprakirakan petambak udang vaname di wilayah tersebut bisa menghasilkan 5 ton saat panen raya. 

"Prakiraan keuntungan hingga lebih dari Rp120 juta per hektare saat masa panen," jelas Jokowi di Muara Gembong, Bekasi, Rabu (30/1). 

Baca Lainnya : Jokowi Tinjau Panen Udang Vaname di Muara Gembong

Jokowi menjelaskan, para petambak harus mengeluarkan modal awal sekitar Rp180 juta untuk setiap hektare tambak. Sementara itu, petambak bisa mengantongi uang sekitar Rp310 sampai Rp320 juta saat panen tiba.

Tambak udang Muara Gembong telah memasuki masa panen siklus kedua. Dimana penebaran benih telah dilakukan pada 1 November 2018 lalu di 10 kolam. Panen 3 kolam pertama dilakukan pada 10 Des 2018 dengan hasil 1.126,72 atau 1,1 ton. Disusul Panen di 7 kolam lainnya pada hari ini dengan estimasi hasil panen mencapai lebih dari 15 ribu kilogram atau 15 ton.

Baca Lainnya : Sukses Panen, Jokowi Minta Petambak Udang Muara Gembong Belajar dari Kegagalan

Jokowi mengatakan para petambak tersebut sempat gagal panen pada Februari 2018. Para petambak udang menabur benih pada November 2017. Saat itu Jokowi juga datang meninjau penyebaran benih.

Namun, kata Jokowi, para petani kembali menabur benih, setelah gagal panen pada percobaan pertama. Menurutnya pada percobaan kedua itu para petani hanya bisa memanen udang vaname sebanyak 2 ton. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: