Meski Korban Terus Bertambah, Kemenkes Tegaskan Penyakit DBD Belum KLB

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
30 Jan 2019   17:30

Komentar
Meski Korban Terus Bertambah, Kemenkes Tegaskan Penyakit DBD Belum KLB

Temu media dan Kemenkes terkait kasus DBD yang tengah marak, Rabu (30/1). (Foto : Trubus.id/ Astri Sofyanti)

Trubus.id -- Sejak awal Januari 2019, laporan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) semakin tinggi. Penyakit yang disebabkan oleh virus Dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti ini memang kerap mewabah saat musim hujan tiba. 

Namun demikian, sejumlah faktor juga mempengaruhi munculnya penyakit DBD ini. Faktor itu antara lain adalah rendahnya status kekebalan kelompok masyarakat, kepadatan populasi nyamuk penular yang disebabkan oleh banyaknya tempat perindukan nyamuk saat musim hujan datang. 

Baca Lainnya : DBD Mewabah, Cucu Wakil Presiden Pun Tak Luput jadi Korbannya

Berdasarkan data terakhir dari Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Vektor dan Zoonotik Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, sampai tanggal 29 Januari 2019, tercatat jumlah penderita DBD sudah mencapai 13.683 penderita.

Dilaporkan dari 34 provinsi atau 327 kabupaten dengan 132 kasus meninggal dunia. Diakui Nadia, angka tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan laporan yang ia terima bulan Januari 2018 lalu.

Baca Lainnya : Perilaku Kita Ini Jadi Penyebab Populasi Nyamuk DBD Meningkat

"Meski terjadi peningkatan kasus demam berdarah di Januari 2019 ini, tapi tidak terjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) karena angkanya masih sangat jauh dibandingkan angka rata-rata pada tahun-tahun sebelumnya," terangnya saat temu media terkait kasus DBD di Kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (30/1).

Untuk itu, Kementerian Kesehatan terus kengimbau seluruh lapisan masyarakat untuk terus melakukan upaya pencegahan dan penularan penyakit DBD, melalui kegiatan pemantauan jentik secara berkala. Sebab, sampai saat ini seluruh wilayah Indonesia masih menghadapi musim hujan. [RN]

 

 

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: