Hujan Abu di Boyolali Akibat dari Merapi Lepaskan 3 Kali Guguran Lava

TrubusNews
Binsar Marulitua
30 Jan 2019   14:00 WIB

Komentar
Hujan Abu di Boyolali Akibat dari Merapi Lepaskan 3 Kali Guguran Lava

Ilustrasi hujan abu tipis (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Gunung Merapi kembali mengeluarkan guguran lava sebanyak tiga kali pada Selasa (29/1) Wib. Akibat peningkatan aktivitas tersebut sejumlah daerah di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, mengalami hujan abu. 

Guguran lava pertama tercatat Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) pada Selasa malam terjadi pada pukul 20.17 WIB.

Luncuran lava pijar ini berdurasi 141 detik teramati mengalir ke arah hulu Kali Gendol dengan jarak luncur 1400 meter.

Selang 39 menit kemudian atau tepatnya pada pukul 20.56 WIB, guguran lava kembali terjadi. Guguran lava kedua ini terjadi dengan jarak luncur 1300 meter.

Baca Lainnya : Hujan Abu Tipis Hingga Bau Belerang Terjadi di Boyolali

Selanjutnya, terjadi guguran lava ketiga pada pukul 21.41 WIB dengan jarak 1100 meter.

Sejumlah daerah yang terdampak hujan abu tipis di Boyolali, antara lain Desa Mriyan, Sangup, dan Sruni Kecamatan Musuk atau bagian timur Gunung Merapi, sedangkan lainnya wilayah kota luncuran lava pijar ini berdurasi 141 detik.

Menurut Darmaji (33), warga Desa Sangup, hujan abu tipis terjadi di Desanya sejak Selasa malam (29/1).Saat itu dirinya hendak pulang kerumah sehabis mengikuti rutinitas perkuliahan di kampus. Walaupun sudah terjadi hujan abu, hal itu, belum mempengaruh aktivitasi warga sekitar.
 
"Belum tahu tepatnya jam berapa dimulai hujan abu. Tetapi pas tiba di rumah diperkirakan sekitar pukul 21.00 WIB sudah terjadi Hujan abu," katanya. [NN]
 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan: