Cegah Pencemaran, Sudin SDA Jaktim Akan Bangun IPAL Domestik di Ciracas

TrubusNews
Syahroni
30 Jan 2019   08:00 WIB

Komentar
Cegah Pencemaran, Sudin SDA Jaktim Akan Bangun IPAL Domestik di Ciracas

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Limbah domestik merupakan salah satu masalah yang butuh penanganan serius dari berbagai pihak. Karena itu, untuk menangani masalah ini Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur akan membangun fasilitas pengelolaan limbah domestik pada tahun ini.

"Kita sudah siapkan anggaran dari APBD 2019 sebesar Rp4.080 miliar untuk pembuatan instalasi limbah domestik. Pembangunannya menunggu proses lelang yang diperkirakan dimulai Maret mendatang," ujar Kasudin SDA Jakarta Timur, Mustajab, Selasa (29/1) kemarin.

IPAL atau Instalasi Pengolahan Air Limbah adalah sarana untuk mengolah limbah cair (limbah dari WC, dari air cuci atau kamar mandi). Menurut rencana, Sudin SDA Jakarta Timur akan membangunnya di kawasan Ciracas, tepatnya di Kompleks Perumahan Lingkungan Hidup.

Komponen IPAL tersebut terdiri dari unit pengolah limbah, jaringan perpipaan (bak kontrol dan lubang perawatan) dan sambungan rumah tangga. IPAL ini nantinya akan terkoneksi langsung dengan sekitar 50 rumah yang berada di sekitar Kecamatan Ciracas.

"Limbah dari rumah warga diolah dalam IPAL. Agar bisa lebih bersih saat mengalir ke kali. Jadi tidak ada lagi pencemaran limbah di aliran kali maupun air tanah," tuturnya lagi. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: