KLHK: 3,1 Juta Hektare Lahan Gambut Telah Direstorasi

TrubusNews
Thomas Aquinus | Followers 2
30 Jan 2019   08:30

Komentar
KLHK: 3,1 Juta Hektare Lahan Gambut Telah Direstorasi

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Direktur Jenderal Pengendalian Pemcemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Karliansyah mengungkapkan, hingga 2018 ada sekitar 3,1 juta hektare lahan gambut di area konsesi telah direstorasi.

"Direstorasi di sini berarti lahan sudah dibasahi, karena untuk pulih total butuh waktu yang lama," ujar Karliansyah saat ditemui di Manggala Wanabakti , Jakarta, Selasa (29/1).

Dikatakannya luas area pemulihan ekosistem gambut pada HTI seluas 2,2 juta hektare, untuk perkebunan seluas 884 ribu hektare dan luas area lahan masyarakat di sekitar lahan konsesi mencapai 8.382 hektare.

Baca Lainnya : 143.000 Hektare Lahan Gambut Rusak di Areal Konsesi Riau Segera Direstorasi

Dia mengatakan, awalnya diakui kesulitan mengajak perusahaan melakukan restorasi lahan gambut, namun saat ini perusahaan sangat kooperatif.

Untuk monitoring tingkat keberhasilan pelaksanaan pemulihan ekosistem gambut, KLHK telah membangun database pemantuan tinggi muka air tanah dan curah hujan di area konsesi mau pun lahan masyarakat.

Baca Lainnya : 2,5 Juta Hektare Lahan Gambut di Indonesia Rusak Karena Karhutla

Database tersebut nantinya dapat digunakan untuk mengetahui pemenuhan kewajiban pelaksanaan tata kelola air dengan indikator data pemantauan tinggi muka air tanah. 

Data yang terekam dapat digunakan untuk perhitungan penurunan gas rumah kaca di lahan gambut melalui perbandingan antara sebelum dan sesudah adanya aktivita pemulihan ekosiatem gambut dan tata kelola air.

Dengan adanya pembasahan lahan gambut maka akan mengurangi dekomposisi gambut sehingga mencegah terjadinya emisi CO2. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: