Diduga Tersesat, Dua Ekor Lumba-Lumba Terdampar di Sungai Kualuh

TrubusNews
Karmin Winarta
29 Jan 2019   09:30 WIB

Komentar
Diduga Tersesat, Dua Ekor Lumba-Lumba Terdampar di Sungai Kualuh

Lumba-lumba yang tersesat (Foto : Reza Perdana)

Trubus.id -- Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Sumatera Utara akan menurukan tim untuk meneliti dan mengevakuasi dua ekor lumba-lumba yang menghebohkan warga di Sungai Kualuh, Dusun Ramean II, Desa Kuala Beringin, Kecamatan Kualuh Hulu, Kabupaten Labuhanbatu Utara.

“Sudah. Kita sudah mendapat informasi tersebut dari masyarakat, dan juga sudah melihatnya di media sosial. Kita turunkan tim untuk meneliti lumba-lumba itu," kata Kepala BBKSDA Provinsi Sumatera Utara, Hotmauli Sianturi, Senin (28/1).

Baca Lainnya: Aktivis Pecinta Hewan Tuntut Pentas Lumba-lumba di Kota Pekanbaru Dihentikan

Hotmauli memandang, keberadaan lumba-lumba tersebut di Sungai Kualuh diduga karena tersesat saat air laut pasang, sehingga lumba-lumba itu terjebak di Sungai Kualuh.

Untuk mengembalikan lumba-lumba itu ke laut, BBKSDA Sumut akan berkoordinasi dengan masyarakat dan nelayan setempat. Pihaknya juga berencana mengembalikan lumba-lumba ke asalnya.

Baca Lainnya: Tradisi Mengerikan Bantai Lumba-lumba di Kepulauan Faroe Denmark Masih Dilakukan

BBKSDA Sumut bersama masyarakat dan nelayan setempat juga akan melakukan pengamanan di lokasi tempat lumba-lumba itu berada saat ini, agar tidak diganggu dan tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

“Setelah memungkinkan untuk dievakuasi, selanjutnya akan dilakukan pengalawan terhadap lumba-lumba itu untuk kembali ke habitatnya, di laut,” tandasnya.  

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: