Dengan 10 Jurus Ini, Petani Tak Akan Buang Sayur Hasil Panennya Lagi

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
28 Jan 2019   23:00

Komentar
Dengan 10 Jurus Ini, Petani Tak Akan Buang Sayur Hasil Panennya Lagi

Petani membuang sayurannya karena kecewa harga yang anjlok. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Melimpahnya hasil panen petani berdampak pada turunnya harga komoditas pertanian yang dihasilkan. Hal ini terjadi sesuai dengan hukum ekonomi di mana saat produksi melimpah, harga pun akhirnya jadi turun. Kondisi ini lah yang kemudian terjadi di sejumlah daerah.

Di Jambi, viral rekaman video pedagang sayur yang membuang barang dagangannya di jalanan. Aksi ini disebut-sebut dilakukan karena anjloknya harga sayuran dagangannya. Sementara di Demak, ada juga petani yang membuang cabai hasil panennya karena persoalan serupa.

Setelah kedua video itu beredar, Kementerian Pertanian (Kementan) langsung menindaklanjutinya. Direktur Jenderal Hortikultura Kementan, Suwandi menyebut, permasalahan tersebut saat ini telah berhasil diselesaikan. Bahkan ia menyebut, pelaku aksi pembuangan sayuran ini juga telah meminta maaf.

Baca Lainnya : Pengojek Sayur di Kayu Aro Kerinci Minta Maaf Membuang ke Jalanan Sayuran Reject

Namun untuk mencegah hal itu terulang kembali, Kementan sudah menyiapkan 10 langkah jitu yang bisa dilakukan. Langkah ini jika diterapkan menurutnya bisa menstabilkan harga sayuran.

Adupun langkah yang dimaksud Suwandi adalah yang pertama meminta agar petani menggunakan benih unggul. Langkah ini diambil untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

Kedua, dengan mengikuti pengaturan waktu pola tanam sehingga kebutuhan di setiap bulannya dapat terpenuhi. Ketiga, memberikan pupuk organik. Keempat, memakai pestisida yang ramah lingkungan.

Baca Lainnya : Bikin Aksi Buang Cabai di Jalan, Petani Demak Minta Maaf

"Kelima, pasca panen yang baik. Keenam, hilirisasi dengan industri olahan skala rumah tangga. Ketujuh, kemitraan dengan pelaku usaha dan eksportir. Serta kedelapan, membangun tata niaga yang efisien dengan membentuk koperasi," jelas Suwandi.

Langkah berikutnya yang harus diterapkan menurut Suwandi adalah membangun pasar lelang di perkebunan. Yang terakhir, mendorong produk agar mampu masuk ke pasar modern, sehingga bisa meningkatkan peluang ekspor sayuran.

"Dengan 10 jurus itu diharapkan produksi dan produktivitas naik, harga bagus dan kesejahteraan petani meningkat," tutupnya. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: