3 Kecamatan di Tepi Pantai Pandeglang Belum Miliki Jalur Evakuasi Bencana

TrubusNews
Astri Sofyanti
28 Jan 2019   17:00 WIB

Komentar
3 Kecamatan di Tepi Pantai Pandeglang Belum Miliki Jalur Evakuasi Bencana

Dampak tsunami Selat Sunda di Pandeglang. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang melaporkan bahwa jalur evakuasi bencana yang ada di Kabupaten Pandeglang, Banten saat ini belum optimal.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pandeglang, Asep Rahmat mencatat, tiga kecamatan di Kabupaten Pandeglang yang lokasinya berdekatan dengan pantai bahkan belum memiliki jalur evakuasi.

Baca Lainnya : 3 Bulan Masa Pemulihan Tsunami, Pemkab Pandeglang Fokus Bangun Huntara

Diakui Asep kondisi ini akibat ketiga kecamatan tersebut berada di dataran rendah sehingga sulit untuk menentukan jalur evakuasi.

“Rambu-rambu dan pelaksanaannya belum optimal,” terang Asep di Pandeglang, Banten, Senin (28/1).

Lebih lanjut Asep mengungkapkan, sebenarnya sudah ada pemetaan di 11 kecamatan yang berada di pinggir pantai dengan total panjang pantai 370 kilometer kurang lebih, namun untuk jalur evakuasi dari 11 kecamatan itu, ada tiga kecamatan yakni Panimbang, Sobang dan Sukaresmi sulit untuk menentukan jalur evakuasi karena berada di dataran rendah.

Baca Lainnya : Hujan Deras Ambrukan Jembatan Penghubung Empat Kecamatan di Pandeglang

Diakuinya, sebelum bencana tsunami pada 22 Desember 2018 lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang telah mengusulkan berbagai kebutuhan kebencanaan pada BNPB termasuk penambahan selter tsunami.

"Kalau bencana siapapun tidak ada yang tahu kapan terjadi," ujar Asep menambahkan.

Dikatakan Asep, yang paling penting adalah mitigasi bencana agar bencana tersebut dapat dihindari untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa saat terjadi bencana. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: