187 Warga Dilaporkan Terjangkit, Kota Depok Dihantui Wabah DBD

TrubusNews
Astri Sofyanti
28 Jan 2019   16:30 WIB

Komentar
187 Warga Dilaporkan Terjangkit, Kota Depok Dihantui Wabah DBD

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Wabah Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Depok, Jawa Barat kian merajalela. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mencatat, penderita DBD mencapai 187 warga.

Karena intensitas hujan tinggi masih akan berlangsung, Dinkes Kota Depok memperkirakan jumlah tersebut masih akan bertambah. Sementara itu ratusan penderita DBD tersebut sampai saat ini masih menjalani perawatan di sejumlah fasilitas kesehatan di Kota Depok.

Baca Lainnya : Kasus DBD di Depok Meningkat, RS Kewalahan Tangani Pasien

"Total pasien yang dirawat ada 187 orang. Yang beralamat di Depok 133 orang, dari luar Depok ada 54 orang," terang Umi Zakiyati, Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Depok, Senin (28/1).

Diakui Umi, kondisi setiap pasien DBD berbeda-beda. Ada yang parah hingga harus dirawat inap, ada pula yang sedang hingga ringan sehingga tidak sampai dirawat intensif. Kendati demikian, dirinya meminta warga untuk terus memerhatikan kondisi kesehatannya selama musim hujan.

"Kita lihat (penurunan) trombositnya drastis, (ada yang) di bawah 100. Untuk menjaga agar tidak pendarahan, syok, harusnya dirawat di rumah sakit," tambahnya.

Baca Lainnya : Februari - Maret 2019, Diperkirakan Puncak Insidensi DBD di Jakarta 

Guna melakukan antisipasi, Dinkes Kota Depok mengimbau masyarakat untuk melakukan program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing. Hal tersebut bertujuan untuk mengantisipasi berkembangnya jentik nyamuk aedes aegypti yang dapat menyebabkan penyakit DBD.

"Kami mengimbau kepada warga agar terus kerja bakti untuk memberantas jentik nyamuk yang menyebabkan penyakit DBD. Kami juga berharap warga berperan aktif menjaga kebersihan lingkungan," tutup Umi. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: