Tingkatkan Produksi Kopi Jambi, Kementan Perluas Lahan Kopi

TrubusNews
Karmin Winarta
26 Jan 2019   11:00 WIB

Komentar
Tingkatkan Produksi Kopi Jambi, Kementan Perluas Lahan Kopi

Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian (Foto : Istimewa)

Jambi memang belum sepopuler daerah-daerah sekitarnya sebagai penghasil kopi seperti Aceh, Sumatra Utara atau Lampung. Namun bukan berarti kopi Jambi tidak berkualitas. 

Untuk meningkatkan produktivitas itu, Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian memperluas lahan perkebunan kopi di Provinsi Jambi. Jenis kopi yang akan ditanam adalah  kopi arabika.

Baca Lainnya:60 Persen Spesies Kopi Liar Terancam Punah 

Dalam kunjungannya ke Desa Sungai Jernih, Kecamatan Pondok Tinggi, Kota Sungai Penuh, Jambi, Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian Bambang mengatakan lahan di wilayah ini akan dijadikan proyek percontohan pengembangan jenis kopi arabika. Untuk tahap awal luasnya tiga hektare.
    
"Di sini, ketinggiannya lebih dari 1.400 mdpl, cocok untuk kopi arabika. Produktivitas kopi arabika bisa kita tingkatkan dan lahannya bisa kita selamatkan dari risiko kerusakan karena erosi," katanya di Kerinci, Jambi.

Baca Lainnya: Kebumen Mengopi, Komunitas Ini Kembangkan Kopi Lokal Jadi Produk Unggulan
    
Bambang menjelaskan optimalisasi lahan perkebunan dilakukan dengan fertigasi atau fertilisasi dan irigasi tanaman kopi. Hal ini tampak pada pipa-pipa paralon yang mengalirkan air dari embung sudah dipasang di lahan tersebut.
    
Ia berharap dengan pengelolaan serta investasi yang baik, produktivitas kopi arabika di lahan tersebut bisa ditingkatkan dari 600 kilogram per hektare, menjadi lebih dari 3 ton per hektare. 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Jagung Provit Alternatif Bahan Pangan Sehat

Inovasi   28 Sep 2020 - 20:52 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: