5 Cara Cegah DBD Ala Dinas Kesehatan DKI Jakarta  

TrubusNews
Astri Sofyanti
25 Jan 2019   11:30 WIB

Komentar
5 Cara Cegah DBD Ala Dinas Kesehatan DKI Jakarta  

Fogging, salah satu cara berantas nyamuk (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Saat ini tengah berlangsung puncak musim hujan hampir di seluruh wilayah Indonesia. Kondisi ini mengakibatkan banyak masyarakat terserang berbagai penyakit berbahaya, salah satunya demam berdarah dengue (DBD).

Untuk mencegah mewabahnya penyakit mematikan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti memberikan sejumlah cara agar DBD tidak menjangkiti di lingkungan tempat tinggal masyarakat.

Dikatakan Widyastuti, hal pertama yang harus dilakukan adalah pemberantasan sarang nyamuk (PSN) melalui 3M yaitu menguras, menutup, dan mendaur ulang barang-barang bekas yang biasanya menjadi tempat pekembangbiakan nyamuk penular DBD.

Baca Lainnya: Wabah DBD Merebak, Waspadai Demam Tinggi Mendadak

"Promotif, preventif secara masif melibatkan masyarakat melalui kader jumantik dalam upaya pengendalian vektor penyakit DBD PSN 3M plus," kata Widyastuti di Jakarta, baru-baru ini.

Kedua, dengan cara melakukan pengasapan atau fogging untuk memberantas nyamuk dewasa.

Ketiga, memberikan penyuluhan atau sosialisasi kepada masyarakat tentang pencegahan demam berdarah juga penting untuk dilakukan.

Baca Lainnya: Kasus DBD di Jakarta Meningkat Pesat

"Pengasapan(fogging) fokus pada kasus positif untuk memberantas nyamuk dewasa. Edukasi kemasyarakat melalui berbagai media," ujarnya menambahkan.

Kempat adalah tata laksana DBD dan meningkatkan fasilitas pelayanan kesehatan di rumah sakit yang merupakan salah satu upaya.

Kelima, masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan dengan selalu mengecek informasi dari berbagai sumber terkait pencegahan DBD.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: