Minyak Sawit untuk Biofuel Dilarang, Malaysia Batasi Impor dari Prancis?

TrubusNews
Diah Fauziah | Followers 0
24 Jan 2019   16:00

Komentar
Minyak Sawit untuk Biofuel Dilarang, Malaysia Batasi Impor dari Prancis?

Ilustrasi kelapa sawit di Malaysia. (Foto : New Straits Times)

Trubus.id -- Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, mengatakan kepada Presiden Prancis, Emmanuel Macron, bahwa negaranya akan membatasi impor dari Prancis jika negara tersebut tetap melarang penggunaan minyak sawit untuk biofuel.

Mahathir mengatakan hal tersebut melalui surat yang ditujukan untuk Emmanuel pada Selasa (8/1) lalu. Di surat itu, Mahathir meminta Presiden Prancis untuk menolak usulan larangan minyak kelapa sawit untuk biofuel. Menurutnya, hubungan perdagangan antara kedua negara tergantung pada saling menghormati komoditas setiap negara.

Baca Lainnya : Teken Kerjasama dengan EFTA, Sawit Indonesia Melenggang ke Eropa

"Gagal dalam rasa saling menghormati itu akan memaksa Malaysia melakukan tindakan terhadap ekspor Prancis," kata Mahathir, yang salinan suratnya berhasil didapatkan Reuters, Rabu (23/1).

Dikatakan Mahathir, langkah Prancis untuk melarang penggunaan minyak sawit adalah diskriminatif. Menurutnya, minyak sawit tidak bertanggung jawab atas deforestasi. Bagaimana pun, minyak kelapa sawit merupakan sumber utama pendapatan bagi Malaysia. Di dunia, Malaysia merupakan pengekspor minyak nabati terbesar kedua.

Baca Lainnya : Dorong Produktivitas Ekspor, Pemerintah Tawarkan Solusi Peremajaan Sawit

Desember 2018 lalu, anggota parlemen Prancis memberikan keputusan untuk menghapus minyak kelapa sawit dari skema biofuel pada tahun 2020 karena khawatir dampak lingkungan dari tanaman sawit.

Tidak sekadar dipakai sebagai bahan baku pembuatan biodiesel, minyak kelapa sawit juga digunakan untuk pembuatan kue, sabun dan lipstik. Kelompok-kelompok lingkungan mengatakan bahwa industri minyak kelapa sawit menyebabkan deforestasi, perpindahan satwa liar dan komunitas asli. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: