Sumsel Pertahankan Wilayahnya Bebas Kabut Asap, Caranya?

TrubusNews
Astri Sofyanti
24 Jan 2019   15:30 WIB

Komentar
Sumsel Pertahankan Wilayahnya Bebas Kabut Asap, Caranya?

Kabut asap (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Sumatera Selatan (Sumsel) kerap kali dikepung kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Namun sepanjang 2018 lalu, Sumsel sama sekali tidak tersentuh oleh kabut asap.

Untuk itu, Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya menyatakan akan terus berupaya agar bisa mempertahankan wilayahnya bebas kabut asap.

"Selama 2018 di Sumsel tidak terjadi kabut asap seperti pada 2015 dan itu harus dipertahankan," tegasnya di Palembang, Kamis (24/1).

Lebih jauh dikatakan Mawardi, upaya untuk mempertahankan agar di Sumsel tak lagi terjadi karhutla juga telah diungkapkan pada rapat koordinasi Antisipasi dan Kewaspadaan Dini Terhadap Potensi dan Dampak Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan di Jakarta beberapa waktu lalu.

“Tahun 2018 Sumsel dinilai berhasil dalam menekan kasus kebakaran hutan dan lahan. Hal ini karena pencegahan dilaksanakan secara maksimal, terlebih lagi pada saat itu Sumsel menjadi tuan rumah Asian Games 2018,” ujar Mawardi.

Meski begitu, pihaknya tetap meningkatkan kewaspadaan dan terus melakukan berbagai upaya pencegahan.

“Harapannya tahun ini juga tidak ada lagi kabut asap di Sumsel. Tahun ini kami akan menambah penguatan peralatan pemadaman seperti helikopter," tambahnya.

Merespon hal tersebut, Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan berharap pada Menko Polhukam Jenderal (Purn) Wiranto selaku pimpinan rakor, akan mencarikan solusi terbaik di lima Provinsi di bawah kendali Kodam II Sriwijaya yang masyarakatnya rata rata berprofesi sebagai petani.

Pihaknya juga telah berupaya memberikan pemahaman kepada petani untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar hutan.

“Perlu adanya penerapan sistem sekat kanal, tapi upaya ini masih butuh solusi yang lebih baik lagi,” pungkasnya.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Pemerintah Miliki 20 Alat PCR Covid-19

Peristiwa   08 April 2020 - 14:34 WIB
Bagikan:          

Kabupaten Siak Panen Raya Padi Gogo Seluas 12 Hektare

Peristiwa   08 April 2020 - 12:55 WIB
Bagikan: