BMKG: Sulawesi Selatan Masih Berpotensi Cuaca Ekstrem

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
23 Jan 2019   18:30

Komentar
BMKG: Sulawesi Selatan Masih Berpotensi Cuaca Ekstrem

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) masih berpotensi cuaca ekstrem. Berdasarkan pantauan cuaca BMKG, potensi hujan dengan intensitas sedang hingga hujan disertai angin kencang masih akan terjadi hingga tiga hari ke depan, terhitung mulai, Kamis (24/1).

BMKG memprediksi, hujan lebat berpotensi menimbulkan dampak bencana hidrometeorologi seperti genangan, banjir dan tanah longsor. Berdasarkan laman resminya, BMKG menyatakan bahwa curah hujan tinggi disebabkan adanya tekanan rendah di sekitar Laut Timor.

Kondisi cuaca tersebut memberikan dampak pada peningkatan pembentukan dan pertumbuhan awan hujan di wilayahnya. BMKG lantas mengimbau masyarakat senantiasa untuk tetap waspada terhadap gelombang tinggi dengan ketinggian 1,25-2,5 meter di Teluk Bone bagian selatan.

Baca Lainnya : Dampak Supermoon, 7 Titik Perairan Ini Berpotensi Diterjang Gelombang Tinggi

Prakiraan cuaca ekstrem ini berlaku untuk wilayah Kota Makassar, Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkep, Kabupaten Barru, Kabupaten Gowa. Sedangkan di wilayah Sulawesi Selatan bagian selatan meliputi Kabupaten Takalar, Kabupaten Jeneponto, Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Bulukumba dan Kepulauan Selayar.

BMKG juga mengimbau kepada masyarakat agar behati-hati terhadap dampak yang ditimbulkan dari kondisi cuaca ekstrem ini. Sebab, bencana seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, angin kencang termasuk potensi pohon tumbang kemungkinan masih bisa terjadi. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: