Sumut Terus Berupaya Penuhi Kebutuhan Bibit Bawang Merah

TrubusNews
Reza Perdana | Followers 0
23 Jan 2019   13:00

Komentar
Sumut Terus Berupaya Penuhi Kebutuhan Bibit Bawang Merah

Bawang merah (Foto : Istimewa)

Sumatera Utara (Sumut) terus berupaya memenuhi kebutuhan benih bawang merah secara mandiri. Sebagai salah satu komoditas penting, keberadaan benih bawang merah sesuatu yang wajib. 

Di awal tahun 2019, penanaman bawang merah untuk pembenihan dilakukan di lahan seluas 1 hektare. Pembenihan berada di lahan UPTD Benih Induk Hortikultura (BIH) Gedung Johor di Medan dengan varietas Bima. 

Varietas itu sudah dikembangkan tahun 2018 yang lalu dan menghasilkan 6 ton. Hingga saat ini masih tersedia 3 ton setelah setengahnya didistribusikan untuk perbenihan di Kabupaten Karo dan Kabupaten Deli Serdang. 

Kepala UPTD BIH Gedung Johor, Baharuddin Siregar mengatakan, pihaknya sedang melakukan pengolahan lahan. Pihaknya menargetkan, sebelum Februari 2019 sudah bisa menanam.

"Benih yang dibutuhkan untuk pertanaman seluas 1 hektare sebanyak 1 ton. Hasil panen 2 bulan mendatang diharapkan bisa mencapai 6 ton," kata Baharuddin, Rabu (23/1).

Disebutkan Baharuddin, bertanam bawang merah dibutuhkan pengalaman dan pengetahuan. Karena, tanaman bawang merah termasuk 'rewel' dan perawatan harus dilakukan secara serius agar hasil panennya maksimal.

"Misalnya, di pagi hari harus disirami untuk menghilangkan embun. Kalau tidak, bisa habis tanamannya, gagal panen. Harus rajin dan tekun biar bagus," sebutnya. 

Pada rapat koordinasi Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut 2018, angka tetap (ATAP) luas lahan pertanaman bawang merah di Sumut seluas 2.090 hektare dengan produksi sebesar 16.103 ton. 

"Dengan angka tersebut, Sumut memiliki kontribusi 1,09% terhadap produksi nasional," Baharuddin menerangkan.  

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: