Setelah Magnitudo 6,2, Rentetan Gempa Tercatat 33 Kali Guncang Sumba Barat

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
23 Jan 2019   09:00

Komentar
Setelah Magnitudo 6,2, Rentetan Gempa Tercatat 33 Kali Guncang Sumba Barat

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Wilayah Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) diguncang gempa susulan sebanyak 33 kali sejak Selasa (22/1) pukul 07.59 hingga 17.45 WITA. Gempa susulan terjadi setelah gempa berkekuatan 6,2 skala richter.

Gempa dirasakan warga di wilayah Waingapu, Sumba Timur IV MMI, Bima III-IV, Sumbawa, Mataram III MMI, Lombok Barat II-III MMI, Lombok Utara II MMI dan Denpasar II-III MMI.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Waingapu, Arief Tyastama mengatakan, gempa susulan dengan magnitudo 6,7 skala richter terjadi pada pukul 12.10 WITA, dengan lokasi 10.65 LS dan 118.97 BT pada 120 kilometer barat daya Sumba Barat, kedalaman 10 kilometer.

Baca Lainnya : Peristiwa Gempa Bumi 2018 di Indonesia Naik Dua Kali Lipat Dibanding Tahun Sebelumnya

Tyastama menambahkan, gempa terakhir yang dicatat BMKG berkekuatan 3,1 skala richter pada 17.45 WITA.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi Sumba Barat dibangkitkan oleh sesar naik (thrust fault)," katanya.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak dari kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa. Sementara masyarakat diimbau untuk tidak mudah percaya dengan isu yang belum tentu benar faktanya. [NN]
 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: