Darmin: Jika Hanya Sekali, Rencana Ekspor Beras Bulog Lebih Baik Diurungkan

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
22 Jan 2019   16:30

Komentar
Darmin: Jika Hanya Sekali, Rencana Ekspor Beras Bulog Lebih Baik Diurungkan

Menko Perekonomian, Darmin Nasution menanggapi rencana Perum Bulog ekspor beras. (Foto : Trubus.id/ Astri Sofyanti)

Trubus.id -- Direktur Utama Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Budi Waseso (Buwas) mengutarakan keinginannya untuk melakukan ekspor beras ke tiga negara. Rencananya itu ia ungkapkan saat melakukan rapat bersama DPR dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Senin (21/1).

"Ada beberapa negara yang kita hubungi dan siap untuk membeli karena mereka butuh. Yang jelas ASEAN sudah siap," ujar Buwas di Jakarta, Senin (21/1).

Buwas mengatakan, ekspor beras dilakukan untuk memaksimalkan penyerapan produksi beras dalam negeri saat panen raya pada bulan April hingga Mei 2019.

Baca Lainnya : Indonesia Berencana Ekspor Beras ke Tiga Negara ASEAN

"Manakala nanti panen raya jumlahnya besar, dan kita harus menyerap beras sebesar-besarnya untuk kepentingan petani, kita akan melakukan upaya ekspor," ucapnya.

Dikatakan Buwas, saat ini Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang ada di gudang Bulog mencapai 2,1 juta ton. Sementara itu, target penyerapan beras dalam negeri tahun ini sekitar 1,8 juta ton sampai April 2019.

Oleh karena itu, Bulog pun telah berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perindustrian untuk merealisasikan ekspor beras ke sejumlah negara di ASEAN.

"Masyarakat tidak usah takut bahwa gudang Bulog penuh dan tidak bisa serap. Kita tetap serap nanti akan kita kelola dengan ekspor," tandas Buwas.

Merespon hal tersebut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution akhirnya buka suara. Dirinya mengungkapkan, rencana ekspor harus berkelanjutan tidah cukup hanya sekali. Dirinya berkomentar jika hanya sekali ekspor, rencana itu sebaiknya diurungkan.

Baca Lainnya : Perum Bulog Siapkan Anggaran Rp10 T untuk Serap 1,8 Juta Ton Beras Dalam Negeri

“Kalau ekspor itu harus terus menerus, bukan cuma sekali saja, jadi sudalahlah lupakan,” terang Darmin saat ditemui di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta Pusat, Selasa (22/1).

Lebih lanjut Darmin mengungkapkan daripada melakukan ekspor hanya sekali, lebih baik Bulog fokus untuk mengamankan kebutuhan dalam negeri saja.

“Utamanya itu menjaga stabilisasi harga, kita jaga harga beras di pasaran agar tidak terjadi kelonjakan,” ujarnya Darmin menambahkan. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: