Gunung Anak Krakatau Terus Alami Tremor, Akankah Meletus Lagi?

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
22 Jan 2019   09:15

Komentar
Gunung Anak Krakatau Terus Alami Tremor, Akankah Meletus Lagi?

Gunung Anak Krakatau (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mieral (ESDM) menyatakan, aktivitas Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda masih terjadi.

PVMBG mencatat sepanjang Senin (22/1) malam sampai Selasa (22/1) dini hari Gunung Anak Krakatau mengalami kegempaan tremor menerus.

Berdasarkan pengamatan 21 Januari 2019, pukul 18.00 sampai dengan 24.00 WIB Gunung Anak Krakatau mengalami kegempaan tremor menerus (microtremor) yang terekam dengan amplitudo 1-16 milimeter (dominan lima milimeter), kata Staf Kementerian ESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau, Jumono dalam keterangan tertulis PVMBG yang diterima di Bandarlampung, Selasa (22/1).

Baca Lainnya: Letusan Gunung Anak Krakatau Tak Akan Sedahsyat Tahun 1883

Sepanjang pengamatan, gunung api di tengah laut dengan ketinggian 110 meter dari permukaan laut (mdpl) itu diliputi cuaca mendung dan hujan. Sementara secara visual, gunung itu juga berkabut dan asap kawah tidak teramati.

Angin bertiup lemah ke arah timur laut. Suhu udara 26-27 derajat Celsius, kelembapan udara 0-0 persen, dan tekanan udara 0-0 mmHg.

Kesimpulannya, tingkat aktivitas Gunung Anak Krakatau masih di Level III (Siaga).

Sementara itu, masyarakat dan wisatawan diminta untuk tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius lima kilometer dari kawah.

Baca Lainnya: Longsor di Lereng Barat Daya Penyebab Letusan Surtseyan Gunung Anak Krakatau

Sebelumnya, Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, Rudy Suhendar mengungkapkan, Gunung Anak Krakatau masih berpotensi erupsi. Hal itu dilatari adanya embusan di gunung tersebut.

"Masih ada kemungkinan (meletus). Itu karena embusan masih ada," ungkapanya di Kementerian ESDM Jakarta Pusat, Senin (21/1).

Selain masih terdapat embusan, di gunung tersebut juga masih ada aktivitas pelepasan gas setiap harinya.

"Pelepasan-pelepasan gas itu sehari masih muncul," tandasnya.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: