12 Mati dan 2 Hilang, Penangkaran Rusa Tutul di Coban Jahe Dibobol Macan

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
21 Jan 2019   22:00

Komentar
12 Mati dan 2 Hilang, Penangkaran Rusa Tutul di Coban Jahe Dibobol Macan

Belasan rusa tutul di penangkaran Coban Jahe ditemukan mati dengan luka bekas gigitan hewan buas. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Sekitar 12 rusa tutul di penangkaran Wana Wisata Coban Jahe, yang berada di Desa Pandansari Lor, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang ditemukan mati secara misterius, Minggu (20/1). Tak hanya itu, menurut pengelola, 2 rusa lainnya juga dinyatakan hilang.

Temuan itu sendiri bermula dari laporan Khusnul, seorang perawat rusa di Coban Jahe tersebut. Saat hendak memberi makan rusa, ia mendapati satwa-satwa dilindungi itu sudah dalam kondisi mati dengan tubuh bersimbah darah. Ada luka bekas gigitan tak wajar di leher rusa-rusa tersebut. 

Temuan itu kemudian dilaporkan Khusnul ke Polsek Jabung yang kemudian diteruskan ke petugas Perhutani setempat. Setelah dilakukan pemeriksaan, diduga kematian rusa tersebut akibat gigitan hewan buas. Namun, hewan karnivora jenis apa yang mematikan hewan herbivora itu, masih dalam penyelidikan lebih lanjut.

Baca Lainnya : Brutal, Macan Tutul di Lereng Gunung Lawu Gemar Membunuh Ternak Warga

Kapolsek Jabung, AKP Samsul Arifin mengatakan, dokter yang datang di lokasi sudah mengambil beberapa sample dari bangkai rusa tersebut. “Pihak medis masih mencari tahu lebih lanjut penyebab pasti kematian rusa-rusa tersebut,” ujarnya, Senin (21/1).

Namun untuk hewan buas jenis apa yang memangsa, dokter juga masih belum bisa memastikan karena masih dalam pendalaman dari hasil sample yang dibawa. “Masih didalami, kalau harimau sepertinya tidak ada di kawasan sekitar Coban Jahe,” terangnya lagi.

Sementara itu, Kanitreskirm Polsek Jabung, Bripka Tatag Ari Martanto menjelaskan, kematian rusa tersebut akibat digigit hewan karnivora jenis kucing. Hal itu sesuai penyelidikan yang dilakukan Unit Reskrim bersama dokter hewan, drh Arifin Wibisono.

“Menurut hasil pemeriksaan dengan dokter forensik hewan, ada luka bekas taring di leher rusa yang mati. Diduga itu kemungkinan oleh macan kumbang atau macan tutul,” terang Tatag di lokasi temuan, Senin (21/1).

Baca Lainnya : Warga Karanganyar Resah, Ada Macan Nyasar yang Gemar Membunuh Ternak Mereka

Tatag menambahkan kejadian seperti ini pertama kali terjadi di area Coban Jahe. Dia menduga hewan buas tersebut turun karena sedang butuh makanan. “Mereka butuh makan dan sampai turun ke area Coban Jahe,” imbuh Tatag.

Tatag menduga dua rusa yang hilang karena dibawa para hewan buas untuk dimakan. Kemungkinan hewan karnivora tersebut lebih dari tiga ekor. Usai penyelidikan, belasan rusa yang mati itu langsung dikubur.

Sementara itu, Fungional Pengendali Ekosistem Hutan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Agung Siswoyo menjelaskan kawasan TNBTS merupakan habitat dari hewan karnivora macan tutul. “TNBTS adalah habitat dari macan tutul yang dilindungi. Berdasar camera trap, populasinya 15 ekor lebih,” terang Agung. [RN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: