Anies: 450 Pompa Tak Efektif Cegah Banjir Jika Warga Masih Buang Sampah Sembarangan

TrubusNews
Astri Sofyanti
21 Jan 2019   15:30 WIB

Komentar
Anies: 450 Pompa Tak Efektif Cegah Banjir Jika Warga Masih Buang Sampah Sembarangan

Pemprov DKI siagakan 450 pompa untuk cegah banjir di ibukota. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Puncak musim hujan yang sedang berlangsung membuat Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus bersiaga mencegah banjir yang bisa datang tiba-tiba. Agar banjir tidak mengepung wilayah ibukota, Pemprov DKI Jakarta pun menyiagakan lebih dari 450 pompa air di sejumlah titik rawan banjir di wilayahnya.

Gubernur Anies Baswedan mengatakan, 450 pompa air akan beroperasi saat terjadi luapan air di sejumlah titik rawan banjir. Dirinya menambahkan bahwa sejumlah petugas juga disiagakan di lokasi-lokasi yang berpotensi digenangi banjir.

Baca Lainnya : Pintu Air Angke Hulu Siaga 3, Jakarta Waspada Banjir

“Kita siap, terutama di jalan-jalan yang posisinya cekung. Itu sudah disiapkan dengan petugas yang semuanya berjaga. Tidak ada yang lengah dan responsif begitu ada hujan,” kata Anies di Balaikota, Jakarta Pusat, Senin (21/1).

Namun demikian pihaknya menilai, upaya yang dilakukan Pemprov DKI dalam mengantisipasi banjir di musim hujan akan menjadi sia-sia jika masyarakat masih memiliki kebiasaan membuang sampah di sungai, kali hingga saluran air.

Baca Lainnya : Awas, Jakarta Siaga III Banjir 

Untuk itu, Anies mengimbau kepada warga untuk bijak dalam mengelola sampah rumah tangga. Harapannya, sampah dapat diolah terlebih dahulu sehingga membantu petugas dan pemerintah dalam mengatur sisa limbah.

“Kami mohon masyarakat ikut membantu dengan mengurangi volume sampah, buang sampah pada tempatnya, jangan jadikan jalan raya tempat sampah,” pungkas Anies. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: