Chile, Negara dengan Sistem Mitigasi Bencana Terefektif di Dunia Diguncang Gempa 6,7 SR

TrubusNews
Syahroni
20 Jan 2019   18:00 WIB

Komentar
Chile, Negara dengan Sistem Mitigasi Bencana Terefektif di Dunia Diguncang Gempa 6,7 SR

Ilustrasi (Foto : Pixabay)

Trubus.id -- Gempa berkekuatan cukup besar melanda Chile, Minggu (20/1) dinihari. Menurut Badan Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa tercatat dengan kekuatan 6,7 SR terjadi di Chile bagian utara hingga tengah.

Dilansir dari AFP, gempa terjadi di kedalaman 53 kilometer dengan pusat gempa yang berada sekitar 15 kilometer ke arah barat daya Coquimbo.

Gempa ini terasa di beberapa daerah seperti Valparaiso, O'Higgins, Atacama, dan Coquimbo bagian utara.

Baca Lainnya : Chile Umumkan Keadaan Darurat Karena Polusi Udara

Akibat kekuatan gempa yang besar, aliran listrik di ribuan rumah pun seketika padam. Namun demikian, belum ada laporan terkait korban jiwa.

Chile merupakan salah satu negara yang sering mengalami gempa. Hal ini dikarenakan letak negara yang berada di jalur rawan gempa. Selain Indonesia, Chili juga merupakan salah satu negara yang masuk dalam jalur cincin api.

Gempa bumi Valdivia pada 1960 menjadi yang terkuat di Chile sejauh ini, dengan kekuatan guncangan hingga 9,5 SR menurut data USGS. Korban jiwa mencapai sekitar 5.000 orang. 

Baca Lainnya : Gempa Bermagnitudo 5,9 di Iran, Puluhan Luka-luka

Pada Februari 2010, Chile juga kembali diguncang gempa berkekuatan 8,8 SR. Kala itu, lebih dari 500 orang tewas dan jaringan telekomunikasi di daerah terdampak gempa benar-benar terputus dengan pemerintah pusat Chile di Santiago. 

Karena menyadari kerawanan akan gempa, pemerintah Chile telah menerapkan sistem pencegahan dan penanggulangan bencana, yang disebut-sebut sebagai terefektif di dunia. Sistem ini melibatkan aturan ketat konstruksi bangunan, simulasi evakuasi dan persiapan matang. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: