Dampak Supermoon, 7 Titik Perairan Ini Berpotensi Diterjang Gelombang Tinggi

TrubusNews
Astri Sofyanti
18 Jan 2019   17:30 WIB

Komentar
Dampak Supermoon, 7 Titik Perairan Ini Berpotensi Diterjang Gelombang Tinggi

Ilustrasi (Foto : Doc/ ANTARA)

Trubus.id -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan informasi akan adanya potensi gelombang pasang air laut maksimum di sejumlah wilayah perairan Indonesia akibat fenomena Supermoon.

Peringatan dini ini dikeluarkan BMKG melalui akun resmi Instagramnya @infobmkg, Jumat (18/1). Peringatan dini ini berlaku sejak Sabtu (19/1) besok hingga Selasa (22/1) mendatang.

Baca Lainnya : Supermoon Timbulkan Banjir Rob, Ini Penjelasan BMKG

Dalam unggahannya BMKG menyebut, fenomena supermoon saat bulan purnama dapat mempengaruhi kondisi pasang maksimum air laut di Indonesia. Selain itu, BMKG mengungkapkan, kondisi ini juga bisa berdampak pada terganggunya transportasi laut di pelabuhan dan pesisir.

BMKG mencatat tujuh wilayah yang berpotensi terjadi gelombang pasang air laut maksimum meliputi, Pesisir utara Jakarta, Pesisir utara Jawa Tengah, Pesisir utara Jawa Timur, Peisisir Cilacap, Pesisir Tanjung Benoa, Bali, Pesisir Kalimantan Barat, Pesisir Makassar.

Baca Lainnya : 31 Januari, Masyarakat Indonesia Bisa Lihat Supermoon di Tempat Ini

Fenomena pasang maksimum air laut ini dapat berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan. Oleh karena itu, masyarakat yang berada di pesisir pantai diimbau agar selalu waspada dan siaga mengantisipasi dampak dari fenomena tersebut.

Untuk itu, BMKG mengimbau masyarakat pesisir pantai untuk meningkatkan kewaspadaan dan siaga untuk mengantisipasi fenomena ini. Selain itu, masyarakat diminta tidak menghabiskan akhir pekan dengan berlibur di pantai. Masyarakat juga diimbau selalu memperbarui informasi terkait cuaca di laman resmi atau Instagram BMKG. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: