Sudah Resmi Dilarang, Festival Adu Kuat Lawan Banteng di India Tetap Digelar

TrubusNews
Astri Sofyanti
17 Jan 2019   23:00 WIB

Komentar
Sudah Resmi Dilarang, Festival Adu Kuat Lawan Banteng di India Tetap Digelar

Puluhan orang terluka ketika mengikuti Festival Jallikattu di India. (Foto : AFP)

Trubus.id -- Puluhan orang di India rela mengikuti festival yang terbilang ekstrem dan membahayakan jiwa. Festival Jallikattu yang diadakan di Tamil Nadu mengharuskan peserta untuk melakukan adu kuat melawan banteng.

Pada hari pertama festival digelar Kamis (17/1), puluhan orang mengalami luka-luka dan cedera. Padahal, festival yang diadakan setiap tahun ini dikecam oleh para aktivis pecinta hewan di India, namun tetap saja berlangsung setiap tahunnya.

Saat festival berlangsung, banteng-banteng dihiasi dengan kalung bunga dan dilepaskan dari kandang mereka. Kemudian para peserta festival berusaha untuk menaklukkan banteng dengan memegang tanduknya kuat-kuat. Pemenangnya akan mendapat hadiah mulai dari skuter sampai kulkas.

Banyak pengkritik menyebut, sebelum adu kuat, banteng-banteng akan diberi minuman alkohol, dan bubuk cabai dilumurkan ke muka mereka supaya hewan-hewan itu lebih garang.

Pejabat pemerintah kota, S Natarajan mengatakan, hampir 500 ekor banteng dan ratusan orang yang berusaha menaklukkannya hadir pada hari pembukaan festival di Madurai. Namun di hari yang sama banyak korban yang sudah berjatuhan. 

"Sebanyak 49 orang cedera dan sembilan orang dilarikan ke rumah sakit," kata Natarajan, seperti diberitakan AFP, Kamis (17/1).

Padahal Mahkamah Agung India melarang festival Jallikattu sejak 2016 lalu. Kegiatan ini juga banyak dikecam oleh banyak aktivis pecinta hewan. Namun meski demikian, Negara Bagian Tamil Nadu berkeras bahwa Jallikattu merupakan bagian penting kebudayaan dan identitas warga setempat. Karena itu Perdana Menteri Narendra Modi mengeluarkan perintah eksekutif agar festival yang berlangsung berabad-abad itu tetap dilangsungkan. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: