Empat Tanaman Pangan Lokal Banten Resmi Terdaftar di PPVTPP Kementan 

TrubusNews
Syahroni
17 Jan 2019   20:00 WIB

Komentar
Empat Tanaman Pangan Lokal Banten Resmi Terdaftar di PPVTPP Kementan 

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Empat jenis varietas tanaman lokal dari Kabupaten Pandeglang, Banten kini telah terdaftar di Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVTPP) Kementerian Pertanian.

Empat jenis varietas itu antara lain adalah padi varietas carogol, beureum saetik, jalawara hawara, dan paray yang semuanya berasal dari Cibaliung. 

"Dari 17 varietas yang didaftarkan, 4 varietas telah dinyatakan selesai proses pendaftaran," kata Nasir, Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang, Kamis (17/01).

Baca Lainnya : Petani Berdaulat Penuh Pilih Varietas Padi yang Ditanam

Tanaman pangan varietas lokal, memegang peranan penting dalam ketahanan pangan di setiap daerah Indonesia, karena dipastikan bisa tumbuh subur dan mudah ditemukan di wilayahnya.

Baca Lainnya : Kelapa Pandan Wangi Resmi Jadi Varietas Lokal Kalimantan Utara

Pemkab Pandeglang sebelumnya mengajukan 17 varietas tanaman pangan lokal, agar terdaftar di PPVTPP Kementerian Pertanian. Namun sampai saat ini baru empat yang diterima. Sedangkan sembilan lainnya baru memiliki tanda daftar dan akan diperiksa lebih lanjut.

Bagi varietas yang sudah memiliki tanda daftar, memerlukan proses adaptasi dan pemurnian, pemeriksaan kelengkapan data pendukung, dan varietas tersebut harus memiliki rasa atau ciri khas masing-masing di tiap daerah.

"Adapun sembilan varietas lainya masih dalam proses pendaftaran, dan empat varietas lainnya ditolak, karena harus ada perbaikan penamaan dari pemilik," jelasnya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Gubernur Bengkulu Ajak Seluruh Pihak Perkuat Kostratani

Peristiwa   04 Des 2020 - 13:49 WIB
Bagikan:          

Walikota Bogor Resmi Luncurkan Program Bogor Berkebun

Peristiwa   04 Des 2020 - 13:11 WIB
Bagikan: