Tumbukan Lempeng Diduga jadi Penyebab Serangkaian Gempa di Kaimana

TrubusNews
Binsar Marulitua
17 Jan 2019   14:30 WIB

Komentar
Tumbukan Lempeng Diduga jadi Penyebab Serangkaian Gempa di Kaimana

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Gempa bumi berkekuatan 4,9 Skala Richter kembali mengguncang Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat, Kamis (17/1) pukul 12.35 WIT dengan kedalaman 43 kilometer.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Stasiun Geofisika BMKG Sorong, gempa bumi berkekuatan 4,9 Skala Richter tersebut merupakan gempa bumi susulan atau gempa ketiga di Kabupaten Kaimana. Lokasi gempa berada pada koordinat 4.18 Lintang Selatan dan 134.02 Bujur Timur yang berjarak 63 km laut tenggara Kabupaten Kaimana.

BMKG mencatat, gempa bumi pertama berkekuatan 3,5 Skala Richter terjadi pada pukul 01.22 WIT dengan kedalaman 16 kilometer. Lokasi gempa bumi pertama pada koordinat 4,07 Lintang Selatan dan 133.66 Bujur Timur yang berjarak 46 km Barat Daya laut Kabupaten Kaimana.

Gempa susulan kedua terjadi pada pukul 07.19 WIT berkekuatan 3,8 Skala Richter dengan kedalaman 10 kilometer. Lokasi gempa pada koordinat 4.32 Lintang Selatan dan 133.88 Bujur Timur yang berjarak 73 km tenggara Kabupaten Kaimana.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat tumbukan lempeng. Penjalaran getaran gempa dirasakan seluruh warga wilayah Kabupaten Kaimana. Warga yang berada di gedung bertingkat sangat merasakan efek dari gempa tersebut.

Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami, karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadi tsunami. Hingga saat ini belum dilaporkan kerusakan yang timbul akibat gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Kaimana tersebut. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: