Rapor Kementan Selama 4 Tahun, Inflasi Pangan Turun 9 Persen

TrubusNews
Diah Fauziah
16 Jan 2019   22:30 WIB

Komentar
Rapor Kementan Selama 4 Tahun, Inflasi Pangan Turun 9 Persen

Andi Amran Sulaiman, Menteri Pertanian. (Foto : Trubus.id/ Diah Fauziah)

Trubus.id -- Empat tahun menjadi Menteri Pertanian, ada banyak prestasi gemilang dan membanggakan yang ditorehkan oleh Andi Amran Sulaiman. Beserta jajarannya di Kementerian Pertanian (Kementan), dalam waktu empat tahun, Amran berhasil melakukan swasembada pangan untuk beberapa komoditas strategis seperti beras, jagung, bawang merah, cabai, telur serta daging ayam dan juga kambing atau domba.

"Beras, kita aman, tidak lagi impor. Kemudian, telur dan ayam kita sudah ekspor ke Jepang. Pertama kali dalam sejarah itu, kita ekspor daging ayam ke Jepang. Untuk domba dan kambing, kita sudah ekspor ke Malaysia, menggantikan posisi Australia," kata Amran, saat ditemui di Probolinggo, Rabu (16/1).

"Pada tahun 2014, inflasi pangan sebesar 10,56 persen yang hari ini hanya 1,26 persen. Turun sebesar sembilan persen. Saya ngomong berdasarkan data BPS, data ini sudah ditandatangani BPS," ucapnya, sambil memperlihatkan lembaran data dari BPS.

Baca Lainnya : Andi Amran Sulaiman: Beras Jadi Polemik karena Banyak Mafia Pangan di Indonesia

Secara keseluruhan, rapor Kementan selama empat tahun ialah, "Pada tahun 2013, pendapatan domestik bruto (PDB) sektor pertanian itu Rp900 triliun yang kemudian naik menjadi Rp1.400 triliun. Ada yang menarik di PDB ini, di mana ekspor sawit naik 19 persen dan karet 14 persen. Jutaan ton kita ekspor."

Maka dari itu, Amran meminta agar semua pihak tidak berspekulasi hingga menimbulkan polemik dan juga kebingungan di masyarakat. Walau begitu, ia mengaku jika komoditas kedelai masih belum bisa memenuhi kebutuhan. Maka dari itu, kedelai masih impor.

"Doakan saja, agar kedelai itu selesai biar produksi naik," harapnya, tersenyum. [DF]

 

 

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Warga Mekarsari Antusias Dalam Memanfaatkan Wastafel Portabel

Peristiwa   01 April 2020 - 21:29 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: