7 Daerah Pesisir Laut Sumbar Rawan Tsunami

TrubusNews
Thomas Aquinus | Followers 2
17 Jan 2019   09:00

Komentar
7 Daerah Pesisir Laut Sumbar Rawan Tsunami

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Dijelaskan Pakar Tsunami dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Hamzah Latief, sedikitnya, ada tujuh daerah pesisir di sepanjang laut Sumbar yang rawan terjadi tsunami. Mulai dari Kota Padang, Pariaman, Kepulauan Mentawai, Pasaman Barat, Pesisir Selatan, Agam, dan Padang Pariaman.

Hal tersebut disampaikan disela kegiatan Semiloka dan FGD pengenalan dan kajian awal konvergensi adaptasi perubahan iklim (API) dan pengurangan resiko bencana dalam kebijakan dan perencanaan metropolitan PALAPA, khususnya kawasan pesisir di Bappeda Sumbar, Rabu, (16/1).

Dikatakan Hamzah Latief, pemicu tsunami beragam, seperti tumbukan antara lempeng Indo-Australia dan Eurasia (sesar tegak atau miring) di zona megathrust di kawasan Mentawai dan Kemudian sesar Sumatera.

Baca Lainnya : BMKG Telah Usulkan Pengembangan Teknologi Mitigasi Sejak Awal Tahun Lalu

"Kami sering melakukan penelitian di sini (Sumbar). Bahayanya, ya sepanjang itu (pesisir). Mulai dari abrasi, gelombang besar sampai tsunami," katanya.

Hamzah mengungkapkan, masih ada sisa energi gempa yang masih tersimpan dan potensi gempa yang menyebabkan tsunami itu sendiri terdapat di laut Sumbar.

"Mudah-mudahan tidak keluar dalam skala besar yang menyebabkan tsunami. Kami berharap, energi itu keluar perlahan sehingga tidak memicu tsunami," ujarnya.

Dengan kondisi tersebut, pemerintah daerah (Pemda) harus mulai mengatur tata ruang yang baik untuk meminimalisir dampak dari bahaya yang mengancam daerah tersebut. Selain itu, masyarakat juga perlu diperkuat dengan pengetahuan tentang tsunami dan memperbanyak shelter.

Baca Lainnya : Kepala Daerah Perlu Memahami Mitigasi Bencana

"Harusnya salah satu mitigasi itu dengan mengatur tata ruang. Apalagi Padang ini kebanyakan masyarakat tinggal di bawah radius 15 meter dari permukaan laut," ujarnya.

Dikatakan juga, pemerintah pusat dan para peneliti harus mengakaji lebih dalam lagi soal tsunami, dan memberikan perhatian khusus untuk Padang (Sumbar).

"Memberikan pemahaman kepada masyarakat sangat penting. Sehingga jika terjadi tsunami, tidak banyak memakan korban," katanya.

Baca Lainnya : INFOGRAFIS: Mitigasi Bencana, Penyelamat Jiwa Manusia

Menurutnya, Padang saat ini sudah cukup baik soal mitigasi dengan membangun shelter di daerah yang dekat dari pantai. Namun ditegaskannya lagi, sistem bermukim masyarakat harus diatur lagi.

"Kalau kita lihat masyarakat kebanyakan membangun dan bermukim di pinggir pantai, seharusnya ini perlahan diatur," tandasnya. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: