Gempa Tektonik 5 Magnitudo Guncang Maluku, BMKG Tegaskan Tak Berpotensi Tsunami

TrubusNews
Astri Sofyanti
16 Jan 2019   09:49 WIB

Komentar
Gempa Tektonik 5 Magnitudo Guncang Maluku, BMKG Tegaskan Tak Berpotensi Tsunami

Gempa, ikustraai (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan telah terjadi gempa tektonik berkekuatan 5 magnitudo yang mengguncang Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Provinsi Maluku, Rabu (16/1) sekitar pukul 08.40 WIT.

BMKG mencatat, gempa berlokasi pada titik koordinat 6,93 Lintang Selatan (LS) dan 128,97 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 10 kilometer.

"Tepatnya di 109 KM Barat Laut Tepa, 238 KM Timur Laut Kisar dan 177 KM Timur Laut Tiakur, ibu kota kabupaten Maluku Barat Daya serta 283 KM Barat Laut Saumlaki, ibu kota Kabupaten MTB," ungkap Kepala BMKG Kelas I Ambon, Sunardi, Rabu (16/1).

Berdasarkan hasil pengamatan, gempa bumi tidak berpotensi tsunami, dan hingga kini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan. Hasil monitoring BMKG, belum dilaporkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

"Kami mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," imbaunya.

BMKG menegaskan gempa tersebut tak menimbulkan gelombang tsunami.

Data BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Ambon mencatat, Ambon sudah diguncang gempa sebanyak 1.587 kali sepanjang 2018 lalu. Di mana 61 kali di antaranya terasa cukup kuat namun tidak menimbukan kerusakan fasilitas lainnya.

Gempa yang terjadi di wilayah Maluku disebabkan adanya aktivitas pelepasan energi di zona tumbukan lempeng serta di zona-zona patahan aktif yang ada di wilayah Maluku.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: