Cuaca Buruk Mereda, Jalur Pendakian Gunung Merbabu Resmi Dibuka

TrubusNews
Syahroni
15 Jan 2019   21:30 WIB

Komentar
Cuaca Buruk Mereda, Jalur Pendakian Gunung Merbabu Resmi Dibuka

Jalur pendakian Gunung Merbabu via Swanting. (Foto : Trubus.id/ Syahroni)

Trubus.id -- Sejak tanggal 30 Desember 2018 silam, jalur pendakian Gunung Merbabu di Jawa Tengah ditutup untuk umum. Penutupan seluruh jalur pendakian dilakukan petugas Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) karena hujan deras dan angin kencang yang kerap melanda wilayah tersebut kala itu.

Kini setelah cuaca buruk mereda, (BTNGMb) akhirnya membuka kembali jalur pendakian ke Gunung Merbabu. Berdasarkan surat Edaran dengan nomor SE 34/T.35?TU/EVLAP/2019, BTNMB resmi membuka kembali jalur pendakian ke Gunung Merbabu mulai Rabu (16/1) besok.

Baca Lainnya : Gunung Merbabu Tertutup Untuk Pendakian Tahun Baru

"Memperhatikan kondisi cuaca di jalur pendakian Gunung Merbabu saat ini dan berdasarkan pantauan cuaca dari situs BMKG, maka semua jalur pendakian Taman Nasional Gunung Merbabu dibuka terhitung mulai tanggal 16 Januari 2019," tulis Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb), Edy Sutiyarto dalam SE yang ia tandatangani, Selasa (15/1).

Baca Lainnya : Kebakaran di Lereng Gunung Merbabu Meluas Hingga ke Boyolali

Dengan dibukanya kembali jalur pendakian ini, ia tetap mengimbau calon pendaki untuk mempersiapkan segala sesuatunya sebelum melakukan pendakian, termasuk mengantisipasi jika cuaca buruk kembali terjadi. 

"Calon pendaki harus mempersiapkan peralatan yang dibawa, kondisi jasmani rohani harus fit dan mengantisipasi apabila kondisi cuaca yang ekstrem saat mendaki," imbaunya dalam SE tersebut. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: