Seminggu, Tiga Bencana Hidrometeorologi Landa Sukabumi

TrubusNews
Astri Sofyanti
15 Jan 2019   10:31 WIB

Komentar
Seminggu, Tiga Bencana Hidrometeorologi Landa Sukabumi

Banjir, ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi mencatat dalam seminggu terakhir, tiga bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor hingga angin puting beliung terjadi di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

“Seminggu terakhir, intensitas hujan di Sukabumi cukup tinggi, kondisi ini menyebabkan sejumlah bencana terjadi di beberapa kecamatan,” kata Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Eka di Sukabumi, Selasa (15/1).

Baca Lainnya: Banjir Bandang Sukabumi Mulai Surut, Begini Kondisinya

Diakuinya, dalam seminggu terakhir ini bencana yang menerjang wilayah Kabupaten Sukabumi cukup tinggi yang dikarenakan intensitas hujan yang tinggi, ditambah kondisi tanah yang sudah labil serta penyumbatan saluran air.

Bencana yang terjadi di berbagai wilayah Kabupaten Sukabumi ini tidak menimbulkan korban jiwa, tapi ratusan rumah warga, puluhan fasilitas umum dilaporkan rusak.

Lebih lanjut pihaknya mengatakan, bencana longsor terjadi di Kecamatan Nagrak, Sukabumi, Cisaat, Caringin dan Cicantayan. Kemudian untuk bencana banjir melanda Kecamatan Cibadak dan Nagrak, selanjutnya bencana angin puting beliung melanda Kecamatan Nagrak.

Baca Lainnya: Kondisi Sukabumi Tragis, Akibat Banjir dan Longsor Melanda

"Kami mengimbau kepada warga, tidak hanya yang tinggal di daerah rawan saja tetapi untuk semuanya agar selalu waspada karena intensitas hujan tinggi yang kerap disertai angin kencang sehingga berpotensi terjadi bencana," tambahnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi Entis Daeng mengatakan sejumlah daerah yang terdampak bencana khususnya banjir kini airnya sudah mulai surut.

“Untuk jumlah pasti rumah yang rusak masih dalam proses pendataan,” ungkap Entis.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Kementan Ungkap Alasan Harga Pupuk Bersubsidi Naik

Peristiwa   20 Jan 2021 - 09:13 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          

Masalah Subsidi Pupuk, Begini Solusi Pakar IPB

Peristiwa   19 Jan 2021 - 08:37 WIB
Bagikan: