Merapi Berstatus Waspada, Jalur Evakuasi di Klaten dan Magelang Rusak Parah

TrubusNews
Astri Sofyanti
14 Jan 2019   18:00 WIB

Komentar
Merapi Berstatus Waspada, Jalur Evakuasi di Klaten dan Magelang Rusak Parah

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Sejumlah jalur evakuasi untuk para pengungsi Gunung Merapi di Kabupaten Klaten dan Magelang menglami kerusakan. Padahal saat ini status Gunung Merapi sudah berada di evel 2 (waspada).

Karena itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah mendesak Pemerintah Daerah (Pemda) untuk segera melakukan perbaikan. Pasalnya dikhawatirkan kondisi jalur evakuasi yang rusak dan tak segera diperbaiki bisa menyulitkan proses evakuasi saat status Gunung Merapi meningkat.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Jateng, Sarwa Pramana mengungkapkan, jalur evakuasi yang rusak di wilayah Klaten meliputi Kecamatan Kemalang, Manisrenggo dan Karangnongko.

Baca Lainnya : Guguran Lava Pijar Merapi Akan Terus Berlangsung

Jalur yang rusak berada di ruas jalan Ngemplakseneng-Panggang dan Panggang-Balerante di sisi barat. Termasuk ruas jalan Surowono-Tegalmulyo dan Gorosan-Gemampir-Jiwan.

"Jalur evakuasi itu sangat dibutuhkan untuk mengungsikan warga ketika status Gunung Merapi berada pada level yang membahayakan, terutama jalur evakuasi yang ada di wilayah Klaten," kata Sarwa Pramana, di Klaten, Jawa Tengah, Senin (14/1).

Sementara itu, jalur evakuasi yang rusak di Kabupaten Magelang ada sekitar 400 meter dan untuk perbaikannya sudah diajukan ke provinsi Jawa Tengah.

Baca Lainnya : Aktivitas Gunung Merapi Meninggi, Ini Pesan Khusus Sri Sultan Hamengkubuwono X

“Mudah-mudahan untuk Magelang bisa diatasi APBD. Untuk Klaten pengajuannya Rp100 miliar lebih. Dari provinsi, saya mendengar sudah ada alokasi dana perbaikan itu," ungkapnya menambahkan.

Pihaknya juga berharap, bantuan provinsi untuk perbaikan jalur evakuasi di Klaten bisa diperhatikan. Sebab, Gunung Merapi yang kini berstatus waspada sudah memberi peringatan kepada pemerintah segera melakukan langkah-langkah antisipasi.

"Karena bila jalur evakuasi yang rusak belum segera dilakukan perbaikan, dikhawatirkan akan menghambat proses evakuasi saat terjadi erupsi," imbuhnya. [RN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Tiga Desa di Kota Batu Terdampak Angin Kencang

Peristiwa   17 Nov 2019 - 17:06 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: