Gunung Merapi Dilanda 100 Kali Gempa Sejak Minggu, Kini Statusnya Waspada

TrubusNews
Astri Sofyanti
14 Jan 2019   12:00 WIB

Komentar
Gunung Merapi Dilanda 100 Kali Gempa Sejak Minggu, Kini Statusnya Waspada

Gunung Merapi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat Gunung Merapi di Jogjakarta dilanda 100 kali gempa sejak Minggu (13/1) hingga Senin (14/1). PVMBG juga melaporkan aktivitas Gunung Merapi terus terjadi. Kini Gunung Merapi berstatus level 2 atau waspada.

“Berdasarkan pengamatan sejak kemarin hingga pagi ini, visual gunung merapi terlihat jelas hingga tertutup kabut,” tulis PVMBG Badan Geologi Kementerian ESDM dalam website resminya, Senin (14/1).

Asap kawah utama teramati berwarna putih dengan intensitas tipis hingga tebal setinggi 200 meter dari puncak gunung setinggi 2.968 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut. Angin bertiup lemah ke arah timur laut dan tenggara.

Baca Lainnya: Usai Dapat Wejangan dari Mbah Surono, Pengungsi di Glagaharjo Dipulangkan

Melalui rekaman seismograf, tercatat, Gunung Merapi digoyang 100 kali gempa. Rinciannya adalah 73 kali gempa guguran, lima kali gempa berkekuatan lemah (low frequency), 21 kali gempa hembusan, satu kali gempa tektonik jauh.

Kegiatan pendakian Gunung Merapi untuk sementara tidak direkomendasikan, kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian berkaitan dengan upaya mitigasi.

“Radius 3 kilometer dari puncak agar dikosongkan dari aktivitas penduduk,” tulis PVMBG dalam rekomendasinya.

Baca Lainnya: Mau Liburan ke Gunung Merapi, Ingat Pesan BNBP Sleman

Untuk itu, PVMBG meminta masyarakat yang tinggal di kawasan rawan bencana (KRB) III diminta meningkatkan kewaspadaan terhadap aktivitas Gung Merapi.

“Masyarakat agar tidak terpancing isu-isu mengenai erupsi Gunung Merapi yang tidak jelas sumbernya dan tetap mengikuti arahan aparat pemerintah daerah, atau menanyakan langsung ke Pos Pengamatan Gunung Merapi,” ungkap PVMBG.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: