Guguran Lava Pijar Merapi Akan Terus Berlangsung

TrubusNews
Karmin Winarta | Followers 0
13 Jan 2019   10:26

Komentar
Guguran Lava Pijar Merapi Akan Terus Berlangsung

Lava pijar Gunung Merapi (Foto : ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/foc)

Trubus.id -- Minggu dini hari (13/1) Gunung Merapi Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mencatat adanya dua kali guguran lava pijar meluncur dari Gunung Merapi. Lava pijar ini meluncur  ke arah hulu Kali Gendol.

 Peristiwa itu terjadi mulai pukul 00.00 WIB hingga 06.00 WIB, BPPTKG mengamati adanya asap kawah berwarna putih dengan intensitas tipis sedang setinggi  50 meter di atas puncak kawah Gunung Merapi.

Baca Lainnya: Mau Liburan ke Gunung Merapi, Ingat Pesan BNBP Sleman

 BPPTKG juga mencatat adanya 20 kali gempa guguran dengan amplitudo 2,5 sampai 25 milimeter yang berlangsung selama 8,6 sampai 40,2 detik.

 "Guguran lava pijar teramati dua kali ke arah hulu Kali Gendol dengan jarak luncur maksimal 400 meter pada pukul 2.34 WIB," kata Heru Suparwaka dari BPPTKG dalam pernyataan resminya.

Baca Lainnya: BPPTKG Antisipasi Guguran Lava Merapi

Sebelumnya, Kepala BPPTKG Yogyakarta Hanik Humaida mengatakan guguran itu masih akan muncul selama masih ada pertumbuhan kubah lava di gunung teraktif di Indonesia itu.

 "Selama kubah lava masih tumbuh, guguran masih akan terjadi," kata Hanik.

Gunung yang mempunyai ketinggian puncak 2.930 mdpl ini sangat berbahaya karena menurut catatan, gunung ini mengalami erupsi setiap dua sampai lima tahun sekali dan di lerengnya terdapat permukiman yang sangat padat.  

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: