Dalam Seminggu, Dua Dugong Ditemukan Mati di Riau

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
12 Jan 2019   19:00

Komentar
Dalam Seminggu, Dua Dugong Ditemukan Mati di Riau

Ilutrasi bangkai dugong yang telah mati (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Dugong merupakan salah satu mamalia laut yang keberadaannya kian terancam. Seminggu terakhir, dua ekor dugong ditemukan mati di perairan Kota Dumai, Riau.

"Satu di daerah Puak dan yang tarakhir di Pantai Pulai Bungkuk. Itu masih satu hamparan pantai yang sama, sekitar 15 menit dari pusat Kota Dumai," terang Putra CP, warga Kota Dumai, kepada wartawan di Pakanbaru, Sabtu (12/1).

Satu dugong ditemukan mati pada Rabu (9/1) di Puak. Selang sehari, ada temuan satu ekor dugong mati di Pantai Pulai Bungkuk Indah. Bangkai dugong di Pantai Pulai Bungkuk Indah tidak menunjukkan bekas luka. Artinya, ada kemungkinan mamalia laut itu tidak mati tertabrak kapal.

Baca Lainnya : Jadi Viral, Warga Riau Sembelih Duyung Dugong

"Mungkin mati karena sebab lain, misalnya keracunan. Kita tahu, bagaimana kotornya laut Dumai sekarang akibat limbah pabrik," ungkap Putra, seorang warga yang menemukan bangkai dugong di pinggir Pantai Pulau Bungkuk Indah.

Berdasarkan penuturan Putra, saat ditemukan, bangkai dugong sudah berbau busuk dan membiru. Mirinya, bangkai dugong sempat dijadikan mainan oleh anak-anak setempat.

Selain itu, kematian dugong mengundang warga untuk melihatnya langsung dan kemudian mengunggah foto bangkai dugong tersebut ke sosial media. Saat ini, bangkai dugong sudah dikuburkan warga setempat. Alasannya karena, dugong merupakan satwa yang harus dijaga dan tidak boleh dikonsumsi. [DF]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: